Ini Dia 5 Sajian Kuliner Khas Banjarmasin yang Patut Dicoba

oleh -
Soto Banjar, salah satu kuliner khas Banjarmasin. (Foto pesona.travel/Acid Ridha)

JALAJAHNUSAE.com – Sajian kuliner selalu menjadi pelengkap yang mengasyikkan dalam perjalanan ke berbagai daerah, terutama menu kuliner khas. Apalagi di Indonesia yang terdiri ragam suku bangsa, banyak melahirkan pula berbagai macam kuliner khasnya.

Seperti di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang terkenal dengan julukan “Kota Seribu Sungai” ini pun menyimpan banyak sajian kuliner khas yang menggugah selera. Berikut ini ada lima sajian kuliner khas Banjarmasin yang patut dicoba, diantaranya:

Soto Banjar

Kala berkunjung ke Banjarmasin, terasa kurang lengkap kalau belum mencicipi kuliner satu ini. Sajian kuliner Soto Banjar. Soto yang terkenal sebagai soto dengan kuah yang kaya akan rempah-rempah dengan citarasa yang lezat. Isian berupa taburan telur asin, ayam suwir, serta kombinasi lontong. Sensasi itu makin sempurna, jika Soto Banjar disantap di atas perahu di tepian Sungai Mahakam.

Cacapan Asam

Masyarakat Banjarmasin memang terkenal menyukaikuliner bercitarasa manis, asam, pedas, dan gurih. Nah citarasa tersebut hadir di hidangan Cacapan Asam. Cacapan Asam berisi buah-buahan yang dicincang, dicampur dengan asam Jawa, bawang merah, cabai rawit, dan garam. Biasanya dicampur dengan terasi yang dibakar. Semua bahan dipotong dan dicampur.