10 Makanan Khas Makassar Beserta Rekomendasi Tempat Makan

by -
coto makassar
Coto Makassar - Foto: Lofor

Jalajahnusae.com – Tidak hanya pantai, Makassar juga terkenal dengan kuliner khasnya. Paling banyak ditemui di kota lain adalah coto. Tentunya, selain coto, masih banyak lagi kuliner khas Makassar yang wajib kamu coba mulai dari makanan berat, camilan hingga hidangan penutup.

Berencana berpelesir ke ‘kota daeng’ ini? Berikut sepuluh daftar tempat makanan khas Kota Makassar yang patut kamu coba.

Makanan Khas Makassar yang Sayang Dilewatkan

Coto Makassar

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Coto memang paling sohor di Makassar. Makanan khas ini memberikan kesan mendalam bagi siapa pun yang pernah menikmatinya. Karena kaya rempah, yang menjadikan rasanya sangat gurih.

Di Makassar, ada beberapa tempat yang direkomendasikan jika kamu tertarik mencoba kuliner ini. Salah satunya, Coto Nusantara. Terletak di Jl. Nusantara Baru No.142, Ende, Wajo, Kota Makassar.

Hidangan ini disajikan dengan kuah kental dan potongan daging besar, dengan ekstra daun bawang dan bawang goreng yang disajikan terpisah. Harganya mulai dari Rp15 ribu per mangkok.

Konro

sop konro
sumber: ksmtour.com

Bahan dasar hidangan ini adalah iga dan daging sapi yang direbus bersama kayu manis, air asam jawa, dan beragam bahan lain termasuk kluwak. Iga yang telah direbus lama sehingga empuk, disajikan di atas piring lalu disiram oleh kuah yang kaya bumbu. Kuliner ini disebut dengan sop konro.

Ada pula menu konro bakar dengan bahan serupa namun dengan sajian berbeda. Iga yang sudah direbus akan dibakar, lalu dihidangkan dengan saus kacang pedas ditemani semangkuk kuah rempah. Mantap!

Konro Karebosi adalah salah satu tempat makan yang menjual konro. Lokasinya di Jalan Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang. Untuk makan di sini kamu harus membayar sekitar Rp50 ribu per porsi.

Sop Saudara

Sop saudara yang populer di Makassar dan bisa kamu coba berada di Jalan Irian. Warung ini sudah berdiri sejak 1970an. Harga per porsinya mulai dari Rp15 ribu.

Sop saudara berbahan dasar daging sapi, berkuah dicampur bihun dan adonan kentang yang sudah digoreng kering. Tambah paru sapi goreng dengan nasi putih, kamu akan mengetahui alasan mengapa warung ini begitu terkenal di Makassar.

Pallubasa

pallubasa serigala
sumber: guideku.com

Pallubasa adalah hidangan yang mirip dengan Coto Makassar, terbuat dari jeroan sapi atau kerbau dimasak bersamaan. Pallubasa disantap bersama nasi putih sedangkan coto disantap dengan ketupat.

Buat kamu yang suka dengan telur, coba deh minta isian Palubassa ditambahkan dengan 1 butir telur mentah. Tenang, Palubassa tidak akan berubah amis kok, pasalnya panasnya kuah akan membuat telur matang seketika.

Kamu bisa mengunjungi Pallubasa Serigala, rumah makan yang tepat untuk mencoba hidangan ini. Lokasinya di Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Mamajang. Harga makanan di sini mulai dari Rp 15 ribu.

Pallumara

Jika kamu sangat menyukai seafood, kamu wajib coba Pallumara. Sup ini memiliki kuah kuning dari bumbu kunyit, sekilas mirip dengan ikan asam manis. Pallumara memiliki bahan dasar kepala kakap merah, jika tidak ada bahan tersebut bisa diganti dengan tongkol atau bandeng.

Sangat tepat disantap dengan nasi hangat dan minuman dingin. Kamu bisa mengunjungi rumah makan Ulu Juku di Jalan Prof.Dr. Abdurrahman Basalamah No.99A, Karampuang, Panakkukang. Makanan ini dibanderol harga mulai dari Rp 30 ribu.

Barongko

Hidangan satu ini bukan makanan berat, melainkan kue basah. Kue berbahan dasar pisang ini manis dan memiliki tekstur lembut. Kue ini dibuat dengan cetakan khusus lalu dibungkus daun pisang sebelum akhirnya disajikan. Kamu bisa temukan camilan ini di MAMA Toko Kue dan Es Krim yang berlokasi di Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar. Harga satu kuenya mulai dari Rp3500.

Pisang Epe

Makanan ikonik ini terbuat dari pisang kepok. Sebelum disajikan, pisang dibakar setengah matang, dipipihkan dan dipanggang kembali. Tambahan bahannya adalah gula merah, durian dan bahan lain sesuai selera.

Kamu bisa menemukan Pisang Epe ini di sepanjang jalanan pantai Losari. Banyak penjual hidangan ini yang sama enaknya. Hrga satu porsinya mulai dari Rp10 ribu hingga Rp15 ribu.

Es Palu Butung

palubutung
sumber: okezone.com

Jika kamu mencari hidangan segar di kota Makassar yang punya cuaca panas, wajib coba Es Palu Butung. Es Palu Butung terbuat dari potongan pisang manis, bubur sumsum, susu kental manis, sirup merah dan es serut, disajikan dalam mangkuk.

Kamu bisa menikmati es ini di RM Bravo. Letaknya di Jalan Sultan Alauddin Nomor 27, Mangasa, Tamalate, Mangasa, Tamalate. Harga satu porsinya mulai dari Rp10 ribu hingga Rp15 ribu.

Gogoso

Seperti kolak, Gogoso biasanya ‘muncul’ saat momen lebaran. Dihidangkan bersama telur asin, gogoso merupakan camilan yang terbuat dari beras ketan yang dibakar dalam daun pisang.

Makanan ini termasuk hidangan favorit masyarakat sekitar. Meskipun hanya disajikan untuk momen khusus, kamu masih bisa mendapatkannya di MAMA Toko Kue dan Es Krim di Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar. Untuk dua gogoso dan satu telur asin harganya dipatok Rp10 ribu.

Sarabba

sarabba
Sumber: dityaaulia.pramestiblogspot.com

Jika di daerah lain memiliki minuman sekoteng dan wedang uwuh, Makassar menyajikan minuman sejenis dengan nama Sarabba. Terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren dan merica bubuk. Minuman ini membuat tubuh terasa hangat, tentunya karena campuran jahe dan merica bubuk.

Kamu bisa menjumpai minuman ini di Sarabba Daeng Hasna, warung minuman ternama di Makassar yang menyajikannya. Berdiri sejak 1983, tempat ini terletak di Jl. Bulu Saraung, Pisang Utara, UMakassar. Harga satu gelasnya mulai dari Rp7500 untuk sarabba biasa dan Rp10 ribu untuk sarabba susu atau sarabba telur.

Berbincang tentang kuliner memang bikin kita ngiler, kalau kamu sedang atau akan berkunjung ke Makassar, coba tandai makanan dan tempatnya ya! Atau jika ingin mencoba semua, siap-siap gagal diet ya. Baca artikel menarik lainnya di Jalajahnusae.com.