Sensasi Pedas Kaya Rempah Mangut Lele Khas Yogyakarta

oleh -
Mangut Lele khas Yogyakarta. (Foto pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Mangut merupakan salah satu masakan ikan yang mirip gulai dengan bumbu dan rempah yang beragam. Kuliner ini banyak digemari dan mungkin tak asing lagi bagi masyarakat di wilayah Jawa Tengah (Jateng), termasuk Yogyakarta.

Keberadaan mangut di Jateng dan Yogyakarta hanya dibedakan dari bahan ikan yang digunakan. Di Kota Semarang berbahan utama ikan pari atau iwak pe. Sedangkan di wilayah Yogyakarta, masakan mangut ini berbahan utama ikan lele.

Meski dulu di Kota Yogya mangut lele terhitung sangat langka keberadaannya, namun kini sudah banyak rumah makan yang khusus menjajakan menu mangut lele. Sekarang kuliner mangut lele memang sangat terkenal dan jadi makanan yang diincar para wisatawan, terutama bagi mereka yang suka dengan makanan pedas.

Di Yogya, ada dua rumah makan yang terkenal dan menyajikan kuliner mangut lele ini, di antaranya Mangut Lele Yu Temu dan Mangut Lele Mbah Marto. Menu yang disajikan di rumah makan ini memang sama, hanya saja bumbu rempah rahasia yang digunakan keduanya berbeda. Sehingga masing-masing orang memiliki seleranya tersendiri terhadap dua rumah makan tersebut.

Untuk memasak mangut lele, sama seperti halnya membuat mangut pada umumnya. Dimulai dari mengasapkan ikan lele di atas kepulan asap dari batok kelapa. Setelah ikan matang barulah dicampur dengan bumbu rempah rahasia.

Kuliner yang satu ini memiliki ciri khas dengan sensasi pedas bumbu rempah dan cabai yang dimasak bersama ikan lele. Banyak orang mengaku sudah bercucuran keringat karena kepedasan, walau baru suapan pertama. Sehingga tak heran jika kuliner ini sangat digemari para pecinta makanan pedas.

Uniknya lagi, saat memesan mangut lele, biasanya para pembeli diharuskan mengambil sendiri ke dalam dapur rumah makan yang penuh kepulan asap, ditambah dengan aroma ikan mangut yang sudah tercium dari depan pintu masuk. Membuat siapa saja yang lewat di depannya seolah tak sabar ingin mencicipi makanan ini.

Agar bertambah nikmat, usai makan mangut lele yang pedas, sangat pas diredam dengan segelas es teh manis. Hal ini membuat siapapun yang menyantapnya kembali segar dan bersemangat melakukan aktivias.***(IG/sumber: Pesona Indonesia)