Mencicipi Manisnya Kue Tabok Bangka

oleh -
Varian martabak tipis dari Martabak Apin. (Foto JalajahNusae/Iwan)

JALAJAHNUSAE.com – Mendengar kata “tabok” pasti identik dengan tamparan pada wajah, rasanya juga menyakitkan. Namun berbeda kala berkunjung ke Pulau Bangka, kata tabok menjadi terasa manis dan lezat karena melekat pada nama kue yang melegenda di Bangka.

Kue tabok atau lebih dikenal masyarakat umum dengan sebutan martabak. Karena memang bentuknya sama persis dengan martabak manis yang ada di setiap daerah di Indonesia. Nah untuk bisa mencicipi panganan Bangka ini, kita harus menuju Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Namanya “Kue Tabok Apin”.

Sang pemilik, Apin sedang memanggang martabak buatannya. (Foto JalajahNusae/Iwan)

Kue Tabok Apin boleh dibilang sebagai martabak legendaris di Bangka karena sudah ada sejak tahun 1975. Dijual menggunakan gerobak sederhana. Lokasinya di ujung Jalan Diponegoro, Toboali.

Secara tampilan, martabak ini mirip martabak pada umumnya. Namun keunikannya, martabak Apin dibuat di atas tungku arang. Menurut sang pemilik, Apin, sengaja mempertahankan arang untuk menjaga rasa dan aroma yang khas dari sejak dulu. Cita rasa yang dihasilkan pun sangat lezat.

Varian rasa yang tersedia, diantaranya wijen, coklat, keju, kacang, varian kombinasi rasa, atau jenis martabak tipis. Martabak ini mulai buka pukul 5 sore. Bagi yang ingin membeli dan mencoba kenikmatan yang melegenda dari martabak Apin, siap-siap mengantri.*** (IG)