Berikut Fakta Menarik Sate Bandeng, Kuliner Legendaris Banten

oleh -
Sate Bandeng khas Banten. (Foto pesona.travel/Jaka Thariq)

JALAJAHNUSAE.com – Kala berkunjung ke wilayah Banten, terutama Kota Serang, jangan lewatkan kelezatan sate bandeng, kuliner legendaris Banten. Sate berbahan ikan bandeng ini, memang hanya bisa ditemui di wilayah tersebut.

Keberadaan sate bandeng ternyata sudah ada sejak zaman kerajaan dan tetap lestari hingga kini. Resepnya diwariskan kepada anak cucunya yang berada di daerah ini. Nah untuk mengetahui lebih jauh tentang kuliner sate bandeng, simak beberapa fakta menarik berikut ini:

Warisan dari Kesultanan Banten

Kesultanan Banten tidak hanya mewariskan sisa-sisa bangunan istana atau benda-benda berharga. Namun juga sebuah masakan yang disukai para anggota kerajaan. Sate Bandeng merupakan menu yang paling lezat sejak masih berdirinya Kesultanan Banten hingga sekarang.

Juru Masak Handal Kerajaan Banten

Sate bandeng ini diciptakan secara tidak sengaja. Kegagalan dalam membuat masakan berbahan ikan, tidak membuat sang juru masak kehabisan ide. Justru juru masak handal ini, membuat resep baru yang disukai banyak orang.

Komponen dalam Sate Bandeng

Ikan bandeng memang terkenal dengan tulang kecil atau durinya yang banyak, sehingga kebanyakan orang malas untuk menyantapnya. Namun jangan khawatir, pada sate bandeng ini tidak akan ditemukan duri yang  menempel pada daging ikan.

Komponen isinya, selain ikan, ada bawang merah, gula merah, dan santan yang menjadi andalan rasa original dari resep Kesultanan Banten sejak dulu. Seiring perkembangan zaman, membuat sate bandeng pun sedikit berinovasi dengan tambahan ketumbar dan cabai. Cara memasaknya pun ada yang dibakar dan digoreng.

Banyak Khasiat Bagi Kesehatan

Bagi kesehatan, ikan bandeng memiliki kandungan gizi yang tinggi. Hasil penelitian para pakar kesehatan menunjukan, bandeng memiliki protein tinggi dan omega 3 lebih banyak dibandingkan dengan salmon. Kandungan tersebut berguna untuk membantu kerja otak anak, mencegah penyakit jantung, dan kadar kolesterol turun.

Oleh-oleh khas Banten

Meskipun sate bandeng hanya bisa dijumpai di wilayah Banten, namun kelezatannya bisa dibawa sampai ke rumah kita, karena kuliner ini banyak dijajakan sebagai oleh-oleh khas dengan kemasan yang cukup simple dan menarik. Jadi, jika berwisata ke Banten, wajib merasakan lezatnya sate bandeng dan membawanya pulang untuk ole-oleh keluarga di rumah.*** (IG/sumber: pesona.travel)