10 Rekomendasi Tempat Kuliner Khas Medan. Ada yang Namanya Nasi Kentut!

by -
Soto Medan RM. Sinar Pagi - Sumber: haipedia.com

Jalajahnusae.com – Selain terkenal dengan wisata alamnya, Medan juga memiliki hidangan kuliner halal yang lezat, lo! Jika kamu sedang di Medan, patut mencoba makanan lezat ini. Berikut daftar 10 makanan halal khas Kota Medan.

Martabak Piring

Martabak piring khas Medan ini hampir sama bentuknya dengan kue leker. Terbuat dari tepung terigu dengan isian cokelat, keju, susu, atau juga buah. Perbedaannya hanya pada cara membuatnya. Seperti namanya, martabak piring ini dibuat di atas piring bukan lagi teflon.

Ada jenis yang tipis seperti kue leker tetapi ada juga yang tebal seperti martabak. Hanya saja yang tebal seperti martabak ukurannya tetap mini atau kecil. Harganya Rp3 ribu hingga Rp5 ribu.

Nasi Kentut

nasi kentut
sumber: hngrynow.com

Kuliner nasi khas Medan ini memiliki nama yang aneh. Dinamakan nasi kentut karena dibungkus dengan sebuah daun. Nah, daun pembungkus inilah yang memberikan aroma nikmat pada nasi kentut.

Nasi kentut Medan terdiri dari berbagai macam lauk pauk seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe dan sambal khas Sumatera Utara. Harganya mulai dari Rp15 ribu.

Sate Memeng

Sate Memeng ini tidak hanya menjual satu jenis daging sate saja, tetapi ada banyak. Seperti sate daging ayam dan kambing. Jika dibandingkan dengan jenis sate yang lain, Sate Memeng ini memiliki potongan daging khas yakni lebih besar-besar.

Penyajiannya sama seperti sate pada umumnya. Bisa dengan lontong atau juga tanpa lontong yang disiram dengan saus kacang. Saus kacangnya juga saus kacang Madano bukan saus kacang Madura. Begitu legit dan terbukti membuat banyak wisatawan ketagihan. Karena mayoritas warung sate ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Harganya Rp20 ribu.

Sup Sumsum Sapi Sipirok

sup sumsum sapi sipirok
sumber: travel.detik.com

Sup Sumsum Sapi Sipirok ini memiliki ciri khas pada bumbu kuahnya. Bumbu kuah yang dipadukan dengan sumsum tulang Sapi. Harganya Rp48 ribu.

Banyak yang mengakui kalau kuah dari hidangan ini sangat segar. Bahkan hanya sekadar dinikmati dengan nasi pun nikmat, kata penduduk lokal. Apalagi sumsum tulang Sapi dengan tekstur kenyal.

Mie Aceh Titi Bobrok

Mie Aceh Titi Bobrok ini merupakani mie khas dari Aceh. Warnanya cokelat gelap dengan baluran bumbu rempah khas. Biasa disajikan dengan sayur toge bahkan juga jeruk nipis. Penyajiannya juga ada yang menggunakan beraneka ragam topping, hanya tinggal disesuaikan dengan selera pembeli saja. Harganya mulai dari Rp 27 ribu.

Mie Balap

Mie Balap khas Medan ini memiliki cita rasa khas rempah Medan. Selain itu, keunikan pada cara pembuatannya. Balap yang berarti lebih cepat dari memasak mie jenis lain. Uniknya lagi, mie ini bisa sangat cepat diolah meskipun dimasak di atas tungku kayu.

Mie ini terbuat dari mie kway teow dan diberi tambahan daging ayam, bakso ikan, daging atau makanan laut. Lalu disajikan di atas daun pisang dengan saus cabai hijau khasnya. Cabai hijau yang dibalur bersama Mie Balap ini khas. Harganya Rp 16 ribu.

Kari Bihun Tabona

kari bihun tabona
Sumber: instagram.com/wawan_lippo_cikarang

Kari Bihun Tabona ini memiliki ciri khas pada kuah kaldunya. Kaldu yang dibuat dari potongan daging ayam atau sapi. Sedap dan nikmat jika dipadukan dengan sambal khas Medan. Rempah pilihannya menjadikan kualitas rasa kari bihun ini benar-benar sulit dilupakan. Harganya Rp24 ribu.

Teh Susu Telur

Olahan teh di Medan ini juga tidak kalah unik. Teh ini biasa disajikan dengan perasan jeruk nipis, lemon, gula pasir, gula merah, atau madu, di Medan disajikan dengan susu dan telur.

Mengherankan lagi teh susu telur ini menurut penduduk lokal sangat mampu menambah stamina dan energi. Penyajiannya juga unik karena seolah seperti ada topping capucino di atasnya. Padahal itu campuran antara telur dengan susu cokelat. Harganya Rp12 ribu saja!

Mie Sop

Mie sop ini makanan khas Medan yang terbuat dari tetelan ayam dan sapi. Seolah dua makanan dijadikan satu, antara mie dan sop. Padahal di Medan ini menjadi satu menu makanan saja.

Bumbu rempah yang menyatu dengan mie dan daging ini menggoda sekali. Aromanya juga sedap dan khas Medan sekali. Isiannya selain daging ada mie bihun, mie kuning, kerupuk, taburan daun seledri dan bawang goreng. Wajib dicoba ketika berkunjung ke Kota Medan. Harganya Rp 18 ribu saja!

Lontong Medan Kak Lin

lontong medan kak lin
sumber: ksmtour.com

Makanan yang wajib kamu coba saat pertama kali tiba di Tanah Deli adalah lontong Medan. Kudapan ini mungkin bisa kamu temukan di kota-kota lain, tapi ada keunikan tersendiri dari lontong Medan.

Lontong Medan bisa kamu temui di sepanjang jalan Kota Medan, terutama di pagi hari. Namun dari semua warung lontong Medan, yang paling recommended adalah Lontong Medan Kak Lin.

Tempatnya berada di Jl. Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan. Untuk harga satu porsi lontong Medan dimulai dari Rp5 ribu sampai Rp15 ribu.

Bagaimana, apakah kamu sudah menentukan mau makan apa? Ayo buat daftar kunjungannya. Menyantap hidangan lezat setelah berpetualang di wisata alam Medan. Baca artikel menarik lainnya di Jalajahnusae.com, yuk.