Kopi Puntang Jabar Juara 1 Indonesia Cupping Contest XI 2019

oleh -
Kopi Puntang. (Foto IG @puntang_coffee)

JALAJAHNUSAE.com – Dalam ajang Indonesia Cupping Contest XI 2019 yang digelar 17-19 Oktober 2019 lalu, Kopi Puntang ketegori Arabica Natural asli Kabupaten Bandung, Jawa Barat meraih predikat Juara 1 Nasional. Kopi inipun mengalahkan para pesaingnya, antara lain Kopi Kerinci Jambi, Kopi Gayo Aceh, Kopi Mandailing, dan Kopi Kintamani.

Ajang Cupping kontes itu, diikuti 572 peserta se-Indonesia. Kopi Puntang kategori Arabica Natural disebut telah mendapatkan skor 90,75 yang dinobatkan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI).

Kopi Puntang kategori arabica natural dinyatakan unggul dalam tingkat keasaman (acidity), kekentalan (body), aroma (fragrent), tingkat kemanisan (sweetnes), rasa (flavor), bersih (clean) dan after taste.

Dikutip dari laman jabarprov.go.id, Owner Kopi Puntang, Irwan S Komaludin memaparkan, persaingan kejuaraan ini diikuti dengan persiapan satu tahun mulai dari treatment pohon kopi, pemilihan biji cherry, pencucian (washing), penjemuran dan penyortiran biji yang seragam.

“Itu semua dilakukan dengan cermat, misalnya waktu pemilihan biji itu kita selektif untuk mendapatkan buah cherry dengan warna merah sempurna seragam. Bahkan di tahap washing pun harus pakai air langsung dari mata air agar rasa tidak terkontaminasi,” papar Irwan di Kedai Kopi Puntang Bandung Jawa Barat.