7 Makanan Khas Tangerang, Dari Laksa Hingga Kue, Enak Banget!

by -
Ilustrasi. Sate Bebek. Foto:IG-@satebebek_el

 

Jalajahnusa.com – Tangerang terletak di Jawa Barat, tepatnya Provinsi Banten. Kota ini memiliki sajian kuliner khas yang menggugah selera. Jika kamu berkunjung ke daerah tangerang, kamu bisa mencicipi beragam makanan berat maupun camilian enak.

Langsung saja, untuk mengisi daftar kuliner yang harus kamu coba, berikut tujuh makanan khas Tangerang yang menggugah selera!

 

Laksa Tangerang

Pertama, kamu wajib coba Laksa Tangerang. Laksa ini memiliki bahan dasar mie putih yang terbuat dari beras. Berbeda dengan bihun, mie ini memiliki tekstur kasar dan tidak lentur. Ukurannya pun lebih besar jika dibandingkan dengan mie bihun yang cenderung kecil.

Mie ini sangat enak karena memiliki campuran yang menambah cita rasanya. Kuah santan yang gurih dicampur dengan potongan daun kucai dan daging ayam, pastinya membuat perutmu langsung terasa lapar, kan?

Kamu bisa menemukan makanan khas ini dengan cukup mudah. Laksa Tangerang umumnya dijual di warung-warung makan yang ada di pinggir jalan sekitar kawasan wisata. Makanan lezat ini pun dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

 

Gareng Asem

Selanjutnya makanan khas kota Tangerang adalah gereng asem. Makanan khas ini memiliki rasa pedas dan asem, sangat cocok dinikmati saat cuaca panas.

Kamu wajib mencicipi Garang Asem, karena makanan ini menjadi salah satu andalan di Tangerang. Gereng asem ini terbuat dari bahan dasar daging bebek atau daging ayam. Sangat cocok untuk kamu yang suka sekali dengan rasa pedas.

Sampai saat ini, Garang Asem cukup mudah kau jumpai di warung – warung makan sekitar tempat wisata atau di pinggir jalan sekitar kota Tangerang.

 

Nasi Sumsum Tangerang

Makanan khas Tangerang yang selanjutnya ialah Nasi Sum-sum, yakni campuran nasi ditambah dengan sum-sum sapi.

Makanan ini cukup mudah dibuatnya. Yakni Nasi yang matang lalu diadung dengan campuran rempah. Seteah proses tersebut dilakukan, lalu selanjutnya ditambahkan dengan sum-sum daging dan dibungkus menggunakan daun pisang agar menambah aroma kelezatan yang menggugah selera.

Selanjutnya, nasi yang telah dibungus dengan daun pisang lalu dibakar hingga aroma khasnya keluar.

Makanan ini sangat cocok di santap saat siang, sebagai menu makan siang. Saat kamu lelah berkeliling kota atau tempat wisata, aroma khas yang lezat dari makanan ini akan menggugah rasa lapar kamu!

 

Sate Bandeng

Sate Bandeng sudah cukup populer di kalawan masyarakat kota Tangerang ataupun wisatawan yang datang. Karena makanan ini memiliki rasa yang nikmat dan khas, membuatnya cukup digemari.

Ada cara khusus untuk memasak sate ini agar keluar aroma dan cita rasanya. Sate ikan bandeng Tangerang ini sangat jauh berbeda dengan ikan bandeng pada umumnya, karena sebelum dimasak, ikan bandeng akan dibersihkan durinya terlebih dahulu. Jadi ikan yang digunakan sudah bebas dari duri sehingga nantinya mudah dinikmati.

Untuk bisa menikmati sate bandeng ini satu porsinya dijual dengan kisaran harga Rp25 ribu hingga Rp30 Ribu. Kamu sudah bisa membawa pulang makanan khas yang lezat ini.

 

Sayur Besan

Makanan khas Tangerang ini memiliki nama yang sangat unik, Sayur Besan. Syur Besan ini sesuai namanya, menghasilkan cita rasa dan juga tradisi. Yang mana, nama Besan pada makanan ini diambil dari proses pernikahan masyarakan adat betawi.

Sayur Besan ini dibuat dari campuran terubuk, petai, kentang dan bihun. Ada pula bahan tambahan yakni buncis, wortel, dan labu siam. Untuk menambah rasa, Sayur Besan juga sering ditambah ebi atau udang kering. Warna kuning pada kuahnya berasal dari kunyit.

Kamu bisa datang ke Warung Mpok Iyoh. Warung Mpok Iyoh terletak di Jalan Ir H Juanda, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Satu porsi makanan ini dijual dengan harga Rp8 ribu. Cukup murah, bukan?

 

Bebek Sate

Bebek sate cukup populer di kalangan masyarakat Tangerang maupun wisatawan. Pengolahan hidangan ini cukup khusus karena daging bebek yang disajikan sangat empuk.

Untuk membuat Bebek Sate ini diperlukan sejumlah bahan rempah dan tambahan lainnya. Diantaranya yaitu merica, bumbu santan, dan bumbu rahasia yang memberikan rasa yang lebih khas dan unik. Untuk harga bebek sate ini, kamu hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp50 ribu.

 

Kue Apem

Kue Apem ialah makanan berupa camilan yang masih dipertahankan dari dulu hingga sekarang. Kue ini terbuta dari bahan tepung yang mengandung beras atau pun singkong, membuatnya cukup berbeda dengan Kue Apem pada umumnya.

Kudapan manis ini memiliki tekstur yang empuk dan lembut. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh. Cocok juga untuk dijadikan teman minum teh dan kopi.

 

Nah itu dia daftar makanan khas Tangerang yang enak. Sebenarnya, masih terdapat lagi makanan khas Tangerang seperti, Gesom, Pindang Bandeng dan Emping Menes. Jika kamu berkunjung ke Tangerang jangan lupa untuk memburu makanan yang ada dalam daftar diatas ya! Baca artikel menarik lainnya seputar pariwisata dan kuliner di Jalajahnusae.com.