Minuman Lidah Buaya Khas Pontianak, Segar dan Menyehatkan Tubuh

oleh -
Minuman lidah buaya
Minuman lidah buaya khas Pontianak. (Foto Pesona Indonesia)

JALAJAHNUSAE.com – Masyarakat Pontianak, Kalimantan Barat memang piawai mengolah tanaman lidah buaya menjadi minuman yang menyegarkan. Tak sekadar menyegarkan, tapi minuman ini pun dikenal kaya manfaat.

Minuman ini sangat populer di Pontianak karena tekstur daging tanaman lidah buaya yang kenyal dipadu dengan air minuman yang manis, menjadi minuman yang segar dan siap menghilangkan dahaga.

Nah bagi kesehatan tubuh, berikut ini beberapa manfaat dari minuman lidah buaya tersebut, antara lain:

Meningkatkan Energi

Minuman lidah buaya ini dapat menjadi energy booster alami. Kandungan nutrisi, mineral, dan adaptogen di dalamnya menjadi faktor utama untuk meningkatkan energi tubuh. Adaptogen merupakan ramuan herbal yang diyakini dapat meningkatkan energi dan baik untuk mengurangi stres, rasa cemas, trauma, dan kelelahan.

Menyehatkan Kulit dan Rambut

Bagi yang memiliki masalah kulit dan rambut, mengkonsumsi minuman lidah buaya merupakan hal yang sangat dianjurkan. Karena tanaman lidah buaya memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit dan dapat pula digunakan sebagai anti-aging.

Tak hanya itu, kandungan nutrisinya mampu membantu dalam melawan infeksi bakteri dan jamur. Sedangkan khasiatnya untuk menstimulasi pertumbuhan folikel rambut memang sudah sangat populer sejak dahulu.

Detoks Alami

Tanaman lidah buaya cukup efektif untuk mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Racun terakumulasi di dalam tubuh manusia setiap harinya karena beberapa faktor seperti makanan, polusi udara, dan alkohol. Jika racun tersebut tidak dibersihkan dari dalam tubuh tentunya dapat mempengaruhi fungsi sistem dan organ tubuh. Kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan di dalam lidah buaya dapat memberikan manfaat alami sebagai pembersih racun dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Minuman lidah buaya juga bermanfaat untuk bekerja efektif membersihkan perut, sistem pencernaan, serta berbagai substansi yang dapat menjadi faktor pemicu kenaikan berat badan seperti lemak. Meski bisa menurunkan berat badan, namun bukan berarti minuman ini membuat badan menjadi kurus. Malah bisa mempertahankan berat badan yang ideal.

Baik untuk Sistem Kekebalan

Manfaat lainnya, minuman ini juga bekerja dengan sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, mampu mengurangi massa tumor, dan menghambat perkembangan sel kanker.

Wah lumayan lengkap sekali minuman lidah buaya khas Pontianak ini. Selain menyegarkan, juga menyehatkan tubuh. Patut dicoba nih!***(IG/sumber: Pesona Indonesia)