10 Rekomendasi Tempat Makan Kuliner Khas Semarang yang Wajib Dikunjungi

by -
Lumpia Semarang - Sumber: instagram.com/ lunpiacikmeme

Jalajahnusae.com – Semarang miliki sejumlah destinasi wisata yang cukup menarik. Baik di dalam kota atau kabupaten. Jika kamu mengunjungi Kota Semarang, tidak cukup sehari untuk bisa menjajaki seluruh destinasi. Tak hanya tempat wisata, Semarang juga punya koleksi kuliner yang istimewa.

Bukan cuma lumpia, kamu juga bisa mencicipi makanan khas Semarang lainnya yang enak! Berikut daftar tempat kuliner khas Semrang.

Nasi Koyor Kota Lama

Nasi koyor terdiri dari sepiring nasi putih, koyor (urat sapi), oseng kacang panjang, dan sambal. Tempat ini berada di samping Gedung Marba Kota Lama. Berdiri sejak 1955 dan masih mempertahankan resep serta cara memasak yang diwariskan pendahulunya. Kamu bisa merogoh kocek mulai dari Rp 25 ribu untuk bisa menyantap satu porsi nasi koyor. Tempat ini buka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB.

Kepala Manyung Bu Fat

Kepala ikan manyung ala Bu Fat punya cita rasa yang unik. Kepala manyung berukuran besar dengan siraman kuah panas, potongan cabai rawit, berpadu cantik dengan aroma yang khas dari ikan manyung jadi sensasi berbeda.

Kepala Manyung Bu Fat telah berdiri sejak 1969. Kepala ikan manyung di sini bisa berukurang hingga sebesar bola sepak. Biasa dimakan oleh tiga sampai lima orang. Ikan manyung merupakan ikan laut yang dagingnya biasa digunakan untuk ikan asin jambal roti.

Satu porsi kepala manyung dijual mulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 150 ribu. Kamu bisa berkunjung ke lokasi Resto Kepala Manyung Bu Fat Semarang di Jalan Sukun, Banyumanik, dan Jalan Ariloka, Krobokan Semarang Barat. Restoran ini buka pukul 08.00-20.00 WIB.

Loenpia Mbak Lien

Mbak Lien berdiri sejak 1980. Tempat ini bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 10 menit dari area Kota Lama. Ada tiga varian lumpia di sini, yakni ayam, udang, dan spesial yang merupakan campuran ayam dan udang. Sebagai pendamping, ada saus kental yang khas bercita rasa manis-gurih. Lengkap dengan cabai dan acar. Selain dimakan langsung.

Harga lumpia mulai dari Rp 12 ribu hingga Rp 13 ribu per buah, tergantung varian. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 08.30-21.30 WIB.

Toko Oen

Restoran dengan konsep indis ini dimulai sejak tahun 1922 di Yogyakarta. Namun yang bertahan hingga kini adalah cabang Semarang yang dimulai sejak tahun 1936. Restoran Toko Oen terletak di Jalan Pemuda 52, Semarang. menu yang ditawarkan Toko Oen yakni bistik lidah sapi, lumpia Semarang, wafle, es krim Toko Oen, hingga kue lidah kucing.

Pembuatan es krim masih menggunakan peralatan kuno dari tahun 1920 yang didatangkan langsung dari Italia sehingga cita rasanya senantiasa otentik. Tak hanya menikmati makanan enak, kamu juga bisa menikmati arsitektur dan interior warisan kolonial Belanda.

Toko Oen terletak tak jauh dari Kota Lama, kamu bisa jalan kaki sekitar 15 menit dari Kota Lama. Harga hidangan di sini berkisar mulai dari Rp 17 ribu hingga Rp 300 ribu. Toko Oen buka setiap hari pukul 09.30-21.30 WIB.

Loen Pia Gang Lombok

Lumpia memang tak akan hilang dari tanah Semarang. Tempat makan lumpia lainnya adalaha Lumpia Gang Lombok yang merupakan salah satu lumpia tertua ada di Semarang. Usianya bahkan sudah satu abad lebih lho!.

Ada dua macam lumpia yang dijual yaitu lumpia basah dan kering dengan dua pilihan isian yaitu ayam dan udang. Satu buah lumpia bisa kamu dapatkan dengan harga Rp15 ribu.

Es Puter Congklik

Semarang memiliki cuaca yang cukup panas. Nah, jika kamu butuh yang kesegaran untuk melepas dahaga, kamu boleh coba datang ke salah satu es putar legendaris yang bernama Es Puter Conglik.

Ada empat varian rasa yang bisa kamu coba di sini seperti durian, alpukat, kelapa dan juga coklat. Es puter ini tidak menggunakan pemanis buatan dan pengawet buatan melainkan bahan alami seperti gula, santan dan juga buah-buahan. Satu porsi es puternya dijual dengan harga sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu.

Tahu Gimbal Pak Edi

Salah satu makanan khas dari Semarang adalah tahu gimbal. Jika kamu tengah mencari tempat makan yang menjual tahu gimbal, langsung saja datang ke Tahu Gimbal Pak Edi di Jl. Menteri Supeno, Mugassari.

Gimbal sendiri merupakan bakwan yang berisikan udang. Kamu bisa menikmati seporsi tahu gimbal dengan porsi melimpah ruah dengan harga mulai dari Rp 17 ribu hingga Rp 20 ribu.

Soto Bangkong

Salah satu wisata kuliner Semarang yang saat ini sedang naik daun adalah soto bangkong. Tempat kuliner yang berada di Jalan Bangkong ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Rasanya yang unik dan lezat menjadikan soto bangkong selalu dipenuhi pengunjung.

Tak hanya menyediakan soto, tempat ini juga menyajikan menu lainnya seperti ayam goreng dan garang asem. Jika kamu berkunjung ke Kota Semarang, sebaiknya mencoba soto yang dikenal mampu menggugah selara ini.

Waroeng Kaligarong

Jika kamu berkunjung ke Simpang Lima, sebaiknya mencoba kuliner Waroeng Kaligarong. Wisata kuliner yang berada di kawasan Simpang Lima ini menyediakan beragam kuliner tradisonal yang menggugah selera. Beberapa menu andalan seperti tumis daun pepaya, nasi bakar bunga kecombrang, bebek goreng, dan aneka tumisan lainnya.

Tahu Pong Karangsaru

Tahu Pong Karangsaru sudah mulai eksis sejak tahun 1949 di Semarang. Bagi yang belum tahu apa itu tahu pong, makanan ini merupakan tahu yang dibagian tengahnya kosong atau kopong.

Dalam seporsi tahu pong Karangsaru kamu akan mendapatkan tahu pong, tahu emplek, tahu gimbal, dan juga telur lengkap dengan siraman kuah petis udang yang sangat lezat. Seporsi Tahu Pong Karangsaru bisa kamu nikmati hanya dengan membayar mulai dari Rp16 ribu hingga Rp 32 ribu saja.

Bagaimana, bingung ya pilih yang mana? Kamu bisa coba semuanya kok, asal jangan lupa bayar ya! Baca artikel menarik lainnya di Jalajahnusae.com. (JV/TSS)