Bersanding Dengan Baguette Prancis,Gambang Masuk Roti Terbaik Dunia

oleh -
Roti Gambang khas Betawi ini masuk dalam daftar 50 Roti Terbaik di Dunia versi CNN tahun 2019. Foto: IG-@dapoersikoko

JALAJAHNUSAE.com – Setelah Rendang mendunia. Giliran  Roti Gambang khas Betawi menyeruak dalam daftar 50 Roti Terbaik di Dunia versi CNN. Roti Gambang disandingkan dengan baguette dari Prancis, ciabatta dari Italia, dan Karavai khas Rusia.

Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia ini dirilis dalam rangka memperingati World Bread Day atau Hari Roti Sedunia setiap 16 Oktober. Daftar ini dikurasi oleh mantan chef pastry Jen Rose Smith.

Daftar ini memuat 50 roti terbaik di dunia yang disusun berdasarkan abjad. Selain rasa yang nikmat dan unik, setiap roti memiliki cerita dan nilai tersendiri.

“Daftar ini mencerminkan keragaman. Bersamaan dengan citarasa yang tak terlupakan, roti ini dipilih karena bahannya yang unik, status ikonik, dan kenikmatan makan yang sederhana,” tulis Smith.

Roti gambang merupakan roti yang diambil dari nama alat musik tradisional Betawi, gambang kromong. Alat musik ini memadukan gamelan dengan alat musik asal China.

Roti gambang kaya akan nilai sejarah yang menemani perjuangan melawan penjajah. Roti ini banyak mengadopsi teknik dan pembuatan dari Belanda.

Roti ini terbuat dari gula merah yang lebih mudah didapatkan di Indonesia ketika itu dan membuatnya menjadi kecokelatan.

Kayu manis yang juga berlimpah ditambahkan untuk memberikan aroma yang lezat.  Wijen dibubuhkan di atas roti sebagai pemanis.

Selain roti gambang dari Indonesia, roti canai dari Malaysia juga masuk dalam daftar 50 Roti Terbaik di Dunia. Roti canai merupakan roti yang dikembangkan oleh para imigran India di Negeri Jiran.

(adh/cnn)