10 Rekomendasi Tempat Makan Kuliner Khas Lombok yang Lazis Mantap

by -
sate bulayak
Makanan Khas Lombok Sate Bulayak - Foto: Fery Indrawan

Jalajahnusae – Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan pesona wisata Lombok. Pantai yang indah dan asri, banyak orang yang menyamakan Lombok dengan Bali. Menikmati liburan rasanya kurang pas jika tanpa menjajal kuliner khas Lombok yang segar dan menggoyang lidah!

Berikut adalah daftar sepuluh tempat buat kamu menyantap makanan khas Lombok.

Rekomendasi Tempat Makan Kuliner Khas Lombok

1. Sate Bulayak Suranadi

Sate bulayak terbuat dari daging sapi yang dilumuri dengan bumbu khas Lombok dan dipadukan dengan potongan lontong yang disebut bulayak. Lontongnya dibungkus dengan daun aren. Bumbu sate bulayak ini terbuat dari kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk, lalu direbus dengan santan serta bermacam bumbu dapur lainnya, sehingga rasanya seperti kari hanya saja tekstur sambalnya agak encer.

Satu porsi sate bulayak berisi sepuluh tusuk beserta lontong. Jika kamu penggemar jeroan, bisa memilih sate campur. Satu porsi dijual dengan harga Rp 20 ribu. Sate Bulayak Suranadi sudah berdiri sejak tahun 1990, berlokasi di Jalan Suranadi, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

2. Ayam Taliwang Irama

Belum lengkap jika ke Lombok tanpa mencicipi hidangan di Ayam Taliwang Irama yang sudah berdiri semenjak tahun 1973. Ayam ini dimasak dengan cara dibakar dengan bumbu khas Lombok, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan pedas. Untuk dapat menikmati hidangan ini pengunjung dapat merogoh kocek sebesar Rp 50 ribu. Lokasi warung ini berada di Jalan Ade Irma Suryani 10 Cakranegara, Lombok.

3. Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Warung kuliner ini berdiri sejak tahun 1970-an. Populer di wilayah Puyung, Lombok Tengah. Nasi balap berisi nasi putih, ayam suwir, tumis buncis, ayam kriuk, dan kedelai goreng. Hidangan disajikan dengan alas daun kelapa. Harga satu porsi nasi balap Rp 18 ribu, tetapi jika ditambah telur asin, pengunjung dapat menambah Rp 5 ribu saja. Warung ini berlokasi di Jalan Raya Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

4. Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

Berdiri sejak tahun 1988, Sate Rembiga Ibu Sinnaseh menjadi tempat makan legendaris di lombok.  Warung yang terletak di Jl. Dr. Wahidin No.11B, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram, menjual sate daging sapi. Sate sapi dibumbui dengan bumbu pedas, manis, dan gurih. Siap membuat kamu ketagihan.

5. Depot Kelebet

Warung yang sudah ada sejak tahun 1976 ini menyajikan bebalung atau biasa disebut sop tulang sebagai hidangan andalan. Sop ini berisikan daging tulang iga sapi atau kerbau, lalu kuahnya dibumbui dengan cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit lalu ditambahkan jahe.

Sop ini memililiki cita rasa pedas dan mampu menghangatkan tubuh. Harga satu porsi bebalung sekitar Rp 25 ribu. Depot Kelebet berada di Jalan Hos Cokroaminoto No.10, Monjok Tim., Kec. Selaparang, Kota Mataram.

6. Rumah Makan Em Dua

Rumah Makan yang sudah berdiri dari tahun 1993 ini, menyajikan makanan khas Lombok. Hidangan yang diminati oleh pengunjung yaitu Ayam Taliwang dan Sate Sum-Sum Tulang belakang sapi yang diberi bumbu pedas dan manis. Harga sajian di sini sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu. Warung ini berada di Jalan Pelikan No. 6, Mataram, Lombok.

7. Sate Tanjung

Sate Tanjung berbahan dasar ikan memiliki rasa yang pedas dan gurih. Jika pada pada umumnya jenis sate pasti menggunakan saus kacang, Sate Tanjung ini disajikan tanpa menggunakan saus apapun. Cita rasanya yang khas membuat sate ikan tanjung menjadi makanan yang diminati masyarakat di Lombok. Rasa pedas berpadu dengan daging ikan yang empuk membuat banyak orang yang mencicipinya ketagihan.

Sate Tanjung banyak dijual di sepanjang jalan di Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya satu, ada puluhan penjual sate ikan yang tersebar di kabupaten ini. Untuk harga Sate Tanjung dijual seribu rupiah per tusuk. Kamu pasti bingung memilihnya!

8. Rumah Makan Masteng

Berada di lokasi di Jalan TGH Faisal, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, warung ini mengolah daging kuda dijadikan bebalungan menggunakan iga dan tulang kuda. Selain bebalung kuda, Rumah Makan Masteng juga menyediakan sate kuda.

Cukup dengan merogoh kocek Rp 25 ribu, kamu bisa menikmati semangkuk bebalung kuda. Untuk seporsi sate kuda, cukup membayar Rp 20 ribu saja. Warung makan yang sudah berusia lebih dari 30 tahun ini, tak hanya dikunjungi oleh waga lokal saja, tetapi wisatawan pun juga mampir untuk mencicipi bebalung dan sate kuda ala Masteng.

9. Warung Murah Meriah Bengkel

Berlokasi di Jalan TGH Ibrahim Khalidy Bengkel Lombok Barat warung ini menawarkan hidangan seperti bebalung, nasi belut, ikan laut, ikan tawar, policing, nasi ayam, nasi daging, babat, dan aneka seafood.

Pada umumnya tempat makan ini menjadi populer di kalangan warga lokal, karena hidangannya yang enak, harganya pun terjangkau. Harga hidangan yang ditawarkan mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 30 ribu.

10. Warung Rembiga Utama

Di Lombok memang terkenal dengan hidangan satenya.  Warung Rembiga Utama menyediakan sate sapi yang bercita rasa manis, gurih, dan pedas. Warung yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun ini, menjaga cita rasa bumbu otentik yang diwariskan secara turun temurun.

Sajian sate di warung ini mempunyai daging yang empuk dan bumbunya meresap hingga ke serat daging. Untuk dapat menikmatinya kamu bisa membeli dengan harga Rp 20 ribu per porsi.

Bagaimana? Jika kamu punya waktu sepuluh hari untuk liburan di Lombok pastikan kamu mencicipi semuanya ya! Meski beberapa makanan tersedia juga di kota lain, akan lebih nikat jika mencoba langsung dari asalnya.

Semoga rekomendasi di atas bermanfaat untukmu. Baca artikel menarik lainnya di Jalajahnusae.com, yuk!