9 Makanan Khas Kuningan yang Populer dan Legendaris. Ada Rujak Kangkung!

by -
makanan khas kuningan
Makanan khas kuningan - Sumber foto: Instagram.com/witch_foodie

Jalajahnusae.com – Selain memiliki wisata alam yang menakjubkan, Kuningan juga memiliki sajian kuliner istimewa yang sangat beragam. Jika berkunjung ke sini, jangan sampai ketinggalan mencicipi sejumlah makanan khas Kuningan berikut ini, ya.

Kuningan adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang tak hanya memiliki anugerah dalam bentuk pesona alam yang indah, tetapi juga ragam kuliner yang menggoyang lidah.

Dijamin, kamu tak akan kehabisan pilihan sajian kuliner khas Kuningan untuk dinikmati saat kamu mengunjungi kota kuda ini.

Yuk, simak rekomendasi makanan khas Kuningan yang tak boleh terlewat untuk kamu coba berikut ini.

Makanan Khas Kuningan yang Wajib Dicoba

Kwecang

Salah satu makanan khas Kuningan yang paling terkenal ialah kwecang.

Penganan ini sangat mirip dengan bacang. Jika bacang memiliki cita rasa gurih dengan isi potongan daging atau sayuran, kwecang Kuningan ini memiliki rasa yang manis.

Kwecang dibuat dengan bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan air kapur dan kemudian dibungkus menggunakan daun bambu.

Kwecang biasanya disajikan dengan gula pasir sebagai tambahan untuk dicocol.

Jika kamu tertarik mencicipinya, bisa langsung datang ke toko Denurrah Food di Jalan Siliwangi 263, Cijoho, Kabupaten Kuningan.

Hucap

Hucap merupakan akronim dari tahu kecap. Menu sarapan khas Kuningan ini satu porsinya terdiri dari tahu yang disiram dengan bumbu kacang dan kecap lalu ditaburi bawang goreng.

Makanan khas Kuningan ini berbumbu saus kacang yang lebih kental, dengan rasa asin, manis hingga asam dan pedas.

Uniknya, saus kacang ini memiliki rasa rempah yang kental jika dibandingkan dengan saus kacang yang ada pada kupat tahu pada umumnya.

Jika kamu ingin mencoba hucap, bisa langsung datang ke Kupat Tahu Top Hj. Ma Iroh yang terletak di Jalan Dewi Sartika, Kuningan.

Nasi Kasreng

Nasi kasreng juga termasuk salah satu makanan khas Kuningan yang populer.

Satu porsi nasi kasreng terdiri dari nasi, sayur toge, taburan udang rebon, dan gorengan sebagai lauknya.

Tak lupa juga ada tambahan sambal terasi di dalamnya agar rasanya semakin nikmat.

Menurut berbagai sumber, nasi kasreng awalnya dijual oleh seorang wanita bernama Kasri sejak tahun 80-an di Terminal Luragung Kuningan.

Nasi kasreng dengan lauk sederhana ini biasanya laku dibeli oleh para pelaku ekonomi di Pasar Luragung seperti pedagang, kernet, kuli, hingga supir angkutan umum.

Hingga kini, hampir seluruh masyarakat Kuningan mengenal hidangan ini.

Ketempling

Ketempling merupakan makanan ringan khas Kuningan berbahan dasar singkong yang menjadi camilan favorit para warga Kuningan.

Ketempling memiliki bentuk bulat dengan warnanya kekuningan. Teksturnya renyah dan rasanya juga gurih. Bisa dibayangkan?

Camilan khas Kuningan ini juga memiliki nama lain, yakni keripik gemblong. Perbedaannya, ketempling memiliki bentuk bulat kembung dan bagian tengahnya kopong.

Ketempling dijual dengan dua varian rasa yakni rasa oncom dan rasa original. Karena rasanya yang lezat, ketempling banyak diburu oleh para wisatawan yang datang ke Kuningan.

Tahu Lamping

Selanjutnya ada tahu lamping, tahu khas Kuningan yang memiliki nama lain tahu kopeci.

Nama Kopeci diambil dari toko yang menjual sajian tahu ini, tepatnya tahu lamping Kopeci (Koperasi Pemuda Cigadung) di Jalan Veteran Jagabaya.

Sekilas, kudapan tahu ini mirip dengan tahu Sumedang yang sudah terkenal di Nusantara. Namun, tekstur tahu lamping cukup berbeda dibandingkan tahu sumedang.

Tahu Sumedang memiliki kulit yang bertekstur renyah, sementara tahu lamping tidak. Meskipun begitu, baik daging maupun kulit tahu sama lembutnya.

Sajian ini akan lebih lezat rasanya jika dinikmati selagi hangat bersamaan dengan lontong dan cabai rawit.

Nah, ketika kamu berkunjung ke Kabupaten Kuningan, pastikan mencicipi tahu lamping atau tahu kopeci ini ya.

Rujak Kangkung

Jika kamu bosan dengan rujak buah, tak ada salahnya mencicipi rujak kangkung khas Kuningan.

Kabupaten Kuningan punya rujak kangkung yang siap memanjakan lidah kamu dengan kelezatannya.

Rujak kangkung yang memiliki cita rasa pedas ini disiram dengan bumbu rujak dengan tambahan asam jawa yang membuat rasanya lebih segar.

Kamu bisa mencobanya di tempat Kuliner Rujak Kangkung dan Tutut yang berlokasi di Jl. RE Martadinata No. 111, Ciporang, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan.

Peuyeum Ketan

Kabupaten Kuningan memiliki olahan peuyeum ketan atau tape ketan unik yang dibungkus dengan menggunakan ember berukuran sedang dan kecil.

Peuyeum ketan dibuat menggunakan beras ketan putih yang melalui proses fermentasi. Setelah difermentasi, tape ketan yang matang akan berubah menjadi warna hijau.

Tape ketan khas Kuningan memiliki rasa yang manis dan legit karena menggunakan daun jambu sebagai bungkusnya dan diproses dengan cara dibakar menggunakan kayu bakar.

Biasanya, tape ketan tersedia di pusat oleh-oleh di Kuningan seperti toko Jelita Oleh-Oleh yang sudah cukup terkenal di Kuningan.

Kue Satu

Kue satu juga termasuk makanan khas Kuningan yang sangat direkomendasikan untuk kamu cicipi.

Kue yang namanya mirip angka ini dibuat dari olahan kacang hijau yang disangrai, ditumbuk, lalu dicampur dengan gula halus. Setelah itu, adonan kue satu dicetak menggunakan cetakan kayu.

Setelah dicetak, kue satu tidak dipanggang ataupun digoreng, melainkan dijemur di bawah terik matahari hingga kering.

Jika penasaran ingin mencicipi, silakan datang ke pusat oleh-oleh di Kabupaten Kuningan.

Keripik Gadung

Keripik ini terbuat dari umbi tanaman gadung yang sebenarnya beracun bila pengolahannya tidak tepat. Biasanya, keripik ini memiliki rasa asin gurih.

Keripik gadung diolah dengan cara digoreng. Sebelum digoreng, umbi gadung harus dibersihkan terlebih dulu dari racunnya. Kemudian diiris tipis, lalu dicuci bersih.

Karena cara pengolahan umbi gadung yang cukup rumit, oleh-oleh ini mulai sulit ditemui. 

Jika kamu berkunjung ke Kuningan, jangan lupa buat daftar kuliner dan oleh-oleh agar tidak bingung memilih aneka makanan khas Kuningan yang lezat ini. (JV/TSS)