Sorgum, Pengganti Beras yang Kaya Manfaat

oleh -
Sorgum. (Foto Shutterstock via Indonesia.go.id)

JALAJAHNUSAE.com – Indonesia selain dianugerahi panorama alam yang indah, juga diberikan keberagaman hayati. Salah satunya beragam pilihan makanan pokok, termasuk sorgum, bijian tinggi protein yang bisa jadi pengganti beras dan banyak manfaatnya.

Bersumber dari Data Bahan Ketahanan Pangan, Indonesia memiliki 77 jenis tanaman pangan sumber karbohidrat, 75 jenis sumber minyak atau lemak, 26 jenis kacang-kacangan, 389 jenis buah-buahan, 228 jenis sayuran, serta 110 jenis rempah dan bumbu. Keberagaman sumber pangan tersebut membuat Indonesia menempati posisi kedua tertinggi di dunia setelah Brasil.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sorgum adalah tanaman yang termasuk dalam suku graminae, memiliki tinggi batang hingga 6 meter. Perbungaannya berupa malai, buahnya berupa butiran bulat atau hampir bulat, dan ukurannya lebih kecil daripada biji jagung.

Sementara merujuk pada Wikipedia, sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan (serealia, sirup), pakan ternak, dan bahan baku industri (alkohol, biofuel). Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai.

Biji sorgum dikenal kaya akan nutrisi, juga kaya kandungan niasin, thiamin, vitamin B6, juga zat besi, dan mangan. Bahkan, kandungan protein, vitamin, dan mineralnya lebih tinggi daripada beras. Secara keseluruhan, nutrisi sorgum mirip dengan nutrisi havermut yang banyak ditemukan pada oatmeal.