Tiga Minuman Khas Sumatera Barat yang Patut Dicoba

oleh -
Teh Talua. (Foto pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Sumatera Barat ternyata bukan hanya punya unggulan masakan dengan citarasa pedasnya, tapi juga mempunyai tiga minuman khas yang patut dicoba keunikan dan kenikmatannya.

Ketiga ragam minuman tersebut berbahan sederhana, dibuat secara tradisional, dan berkhasiat menurut masyarakat setempat. Minuman inipun sudah ada sejak dulu dan tetap lestari secara turun-menurun. Berikut tiga minuman khas Sumatera Barat yang bersumber dari laman pesona.travel.

Teh Talua

Sejarah awal mula hadirnya minuman teh talua belum jelas kapan dan oleh siapa pertama kali diracik. Namun keberadaan teh talua masih tetap ada hingga sekarang dan dianggap sangat berkhasiat. Kebanyakan pria di Sumatera Barat masih menjadikan teh talua sebagai andalan untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh mereka.

Teh talua mempunyai tampilan dan resep sangat sederhana. Berupa teh tubruk biasa dicampur dengan satu butir telur ayam kampung, kemudian dikocok hingga berbusa. Teh talua biasa disandingkan dengan irisan jeruk nipis  untuk menghilangkan bau amis dari telur.

Rasa teh talua sangat mirip dengan teh tarik yang khas Malaysia. Namun rasa teh talua lebih segar lantaran dicampur dengan perasan jeruk nipis.