10 Tempat Kuliner Makanan Khas Sukabumi. Ngeunah Pisan!

by -
nasi tutug oncom
Nasi Tutug Oncom, salah satu kuliner khas Sukabumi - Foto: indonesia.go.id

Jalajahnusae.com – Sukabumi memiliki ciri khas wisata alam yang asri. Selain itu, perkembangannya pun diiringi dengan ragam kuliner makanan khas Sukabumi yang lezat. Lokasinya yang strategis membuat akses di kota ini cukup mudah.

Banyak tempat kuliner Sukabumi yang kekinian dan jadi perburuan wisatawan terutama millenial. Beberapa tempat kuliner menyajikan hidangan yang melegenda. Namun, nuansa dan tema yang kekinian menjadiakannya pilihan banyak orang.

Berikut daftar tempat kuliner Sukabumi yang enak dan hits!

Mochi Kaswari Lampion

Mochi di Kaswari Lampion sudah terkenal di Sukabumi sebagai salah satu sentra mochi paling unggul dan enak disana. Tempat ini terletak di Gunung Kaswari No.19, Selabatu, Kec. Cikole.

Outlet Mochi Kaswari Lampion buka setiap hari mulai dari pukul 12 siang hingga 10 malam. Selin mochi original, kamu juga bisa menemukan bermacam varian mochi yang memiliki rasa unik, seperti mochi yang menggunakan isian bluberry, durian, keju serta kacang hijau.

Bubur Ayam Bu Nut Siliwangi

bubur ayam bu nut sukabumi
sumber: Instagram.com/lesywibowo

Warung makan Bubur Ayam Bu Nut Siliwangi berdiri sejak 1980an. Hingga saat ini, ayam Bu Nut menjadi semakin populer dan melegenda di Kota Sukabumi.

Tempat ini terletak di Jl. Siliwangi No.93 1, RW.02, Cikole, Kec. Sukabumi. Harga satu porsinya sekitar Rp10 ribu hingga Rp50 ribu.  Dalam satu porsinya, terdiri dari bubur ayam dengan tambahan toping telur, jeroan ayam serta emping. Tempat makan ini juga menyediakan menu makanan yang lain, seperti nasi timbel khas Sunda, ayam penyet dan sop buntut.

Kapinis Resto

Tempat ini biasa jadi spot nongkrong pegiat arum jeram hingga pecinta alam. Konsep restorannya terbuka, sehingga suasananya begitu asri dan nyaman. Makanan yang ditawarkan berupa makanan khas Sunda. Harga yang terjangkau dan tempat yang nyaman membuat restoran ini ramai dikunjungi wisatawan di musim liburan. Tempat ini terletak di Jl. Siliwangi No.92/131, Cikole, Kec. Sukabumi.

Di sini, pengunjung bisa bermain paintball dan arung jeram sembari menunggu makanan di masak dan di hidangkan.

Topi Kitchen

Bagi kamu yang hobi bangeet makan daging, sangat dianjurkan untuk datang ke tempat ini. Topi Kitchen terkenal dengan sajian steak yang nikmat. Saking terkenalnya, tempat ini dikunjungi oleh tamu lokal maupun mancanegara. Tempat ini terletak di Jl. Sriwidari no. 92, Sriwidari, Selabatu, Kec. Cikole.

Mr. Topi Kitchen dimiliki oleh seorang koki terkenal yang menjaga cita rasa masakannya. Satu porsi makanan disini, dipatok dengan harga sekitar Rp30 ribu hingga Rp100 ribu.

Mamih Ungu

mamih ungu nasi ungu
Sumber: bubuh.id

Tempat kekinian ini memiliki menu yang cukup eksperimental dan unik. Menu yang paling terkenal yakni nasi ungu dan nasi hijau yang enak dan komplit. Tempat ini terletak di Jl. Brawijaya No.16, Sriwidari, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

Pewarna yang digunakan disini dari bahan alami. Selain itu, menu lain yang ditawarkan adalah kopi, makanan lokal khas Sunda dan beberapa menu  masakan western yang nikmat.

Oma Suki Cafe

Tempat ini menyajikan makanan Jepang. Konsep yang ditawarkan pun terbilang unik, dimana pengunjung memasak sendiri makanananya.

Tempat ini terletak di Jl. Raya Siliwangi-Sukabumi Ruko No 8, Cibadak, Kec. Cibadak, Kota Sukabumi. Buka dari pukul 10 pagi hingga malam. Menu andalan di sini adalah sukiyaki.

RM Sunda Rasa

Restoran ini menyediakan berbagai macam makanan khas Sunda, seperi nasi timbel, sup buntut, serta pepes ayam dan beragam tumisan. Tempat makan ini mudah dijangkau karena terletak di pusat kota Sukabumi tepatnya Jl. Siliwangi No.68, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

Cita rasa makanan yang disajikan begitu kental dan khas. Sehingga tempat ini cukup ramai dikunjungi.

Bakso Super H. Achmad Sudja’i

Bakso Super H. Achmad Sudja’i
Sumber: panduanwisata.id

Bakso sudah tak diragukan lagi kelezatannya. Hampir setiap orang menyukai kuliner ini. Terletak di pusat kota, tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda No.3, Gunungparang, membuat bakso ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner favorit di Sukabumi.

Harganya cukup terjangkau, yakni sekitar Rp16 untuk satu porsi. Sayang sekali jika kamu melewatkan tempat makan bakso yang terkenal di Sukabumi ini. Buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam, kamu bisa mencicipi bakso dengan rasa yang lezat di Bakso Super H. Achmad Sudjai.

Mie Ayam Bento

Mie ayam ini sangat populer di Sukabumi. Meski menu makanannya sering ditemui dimanapun, tidak membuat mie ayam disini kehilangan daya tarik. Mie Ayam Bento terletak di Jl. Mayawati, kapitol, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

Harganya cukup terjangkau, yakni dari Rp10 ribu hingga Rp25 ribu. Tempat ini buka dari pukul 11 siang hingga pukul 10 malam.

Praline

Tempat ini bernuansa moderen. Praline menyajikan beragam menu makanan western hingga beragam sajian kopi. Harga makanan yang ditawarkan juga terjangkau mulai dari Rp25 ribu. Tempat ini terletak di Jl. Surya Kencana No.82, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

Praline memiliki interior yang menarik dengan konsep ruang yang minimalis. Ditambah dengan sentuhan nuansa klasik. Tempat ini ramai dikunjungi anak muda karena cukup instagramable.

Bagaimana? itulah tadi daftar tempat makan di Sukabumi. Beberapa merupakan makanan khas sukabumi. Sebagian lagi sering kita jumpai di sekitar. Namun kamu tetap harus coba! Baca artikel menarik lainnya di jalajahnusae.com.