Mengenal Toge Panyabungan, Minuman Segar Khas Mandailing Natal

oleh -
Semangkok Toge Panyabungan. (dok. indonesia.go.id)

JALAJAHNUSAE.com – Kata “toge” akrab di telinga masyarakat Indonesia sebagai salah satu jenis sayuran. Namun berbeda kala berkunjung ke Mandailing Natal, kata “toge” melekat pada nama sebuah minuman menyegarkan khas daerah di Sumatera Utara tersebut. Minumannya bernama Toge Panyabungan, jenis minuman yang sama sekali tak berbahan sayuran tauge.

Toge Panyabungan merupakan minuman yang memiliki rasa manis. Minuman tersebut sudah menjadi tradisi minuman saat berbuka puasa dan banyak diminati semua orang di bulan Ramadan. Biasanya dijadikan menu berbuka yang menjadi incaran penikmatnya dan mudah ditemukan saat bulan puasa. Kini beberapa pedagang toge panyabungan banyak ditemui di sekitaran Masjid Raya Panyabungan, tepatnya di Pasar Lama, Jalan Keliling.

“Kalau di Mandailing Natal toge ini makannya dalam kondisi hangat-hangat, di Medan banyak lebih suka ditambahkan es, sementara ramainya ya pas bulan puasa itu banyak yang nyari (Toge panyabungan-red) ini pasti laku banget,” tutur Khodijah salah seorang penjual toge panyabungan, dikutip dari laman indonesia.go.id.

Awal mula lahirnya nama toge panyabungan hingga kini masih memang masih menjadi misteri di balik kepopulerannya. Menurut Khodijah, orang kebanyakan membeli kudapan ini lantaran mendengar namanya yang cukup membingungkan.