Menikmati Mie Ongklok, Kuliner Primadona Wonosobo

oleh -
Tampilan Mie Ongklok yang tampak menggiurkan. (Foto pesona.travel/Zain Kagawa)

JALAJAHNUSAE.com – Kabupaten Wonosobo tak hanya sohor dengan wisata alamnya yang indah seperti Dataran Tinggi Dieng, Telaga Warna, dan Bukit Sikunir, namun kabupaten di Jawa Tengah inipun kaya akan kulinernya. Mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner milenial semua ada di Kabupaten Wonosobo. Hal ini menjadikan Wonosobo sebagai  salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi.

Salah satu kuliner tradisional yang paling tersohor dan jadi primadona di Wonosobo, yaitu Mie Ongklok. Mie Ongklok hampir ada di semua sudut Kabupaten Wonosobo. Tak heran jika kuliner ini selalu diburu para wisatawan saat berkunjung ke Wonosobo. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Wonosobo tanpa mencoba kenikmatan Mie Ongklok.

Didukung udara sejuk nan dingin di Wonosobo, menjadikan olahan mie ini sangat cocok untuk disantap. Mie Ongklok diracik dengan potongan kol dan daun kucai, lalu disiram dengan kuah kental yang panas dan berwarna kecoklatan. Lebih istimewa lagi, Mie Ongklok disajikan dengan dilengkapi sate sapi dan tempe kemul khas Wonosobo, makin menggugah selera.

Dari sekian banyak warung Mie Ongklok di sana yang bisa dinikmati, ada satu warung Mie Ongklok yang sangat legendaris dan selalu ramai pengunjung. Namanya “Mie Ongklok Longkrang”. Lokasinya dekat dengan Alun-Alun Kabupaten Wonosobo, sekitar 1 km atau 10 menit jika berjalan kaki. Tepatnya di Jalan Pasukan Ronggolawe No. 14 Kampung Longkrang, Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.