Minuman Nikmat dan Sehat Hasil Kreasi PKK Neglasari

oleh -
Minuman Sari Bunga Telang. (Foto Pemkot Tangerang)

JALAJAHNUSAE.com – Segala usaha jika dilakukan dengan kerja keras pasti menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Hal itulah yang dilakukan kaum ibu dari kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Mereka berhasil membuat kreasi produk minuman nikmat dan menyehatkan.

Kisah sukses kelompok ini berawal saat menyiapkan Lomba Posyandu tingkat nasional beberapa tahun lalu. Mereka didorong untuk membuat sebuah inovasi yang bermanfaat. Akhirnya PKK Kecamatan Neglasari tersebut mulai bereksperimen membuat sari bunga telang dan rosella menjadi minuman segar dan berkhasiat.

Menurut Ketua TP PKK Kecamatan Neglasari, Riri Nasution Ansar mengaku kelompoknya diminta Wali Kota Tangerang untuk berinovasi membuat sesuatu yang melibatkan masyarakat.

“Saya diminta Bu Wali untuk membuat inovasi yang bisa booming dan melibatkan masyarakat. Saat mencari-cari informasi akhirnya saya terpikir untuk membuat sari bunga telang dan rosella,” jelas Riri Nasution Ansar, Selasa (03/09/2019), dikutip dari laman tangerangkota.go.id.

Minuman Sari Bunga Rosella. (Foto Pemkot Tangerang)

Riri menambahkan, awalnya bibit dua bunga itu, didapat dengan membeli online dan membeli di pasar tradisional.

“Sejak saat itu, Alhamdulillah minuman sari bunga telang dan rosella disukai. Dari situ kami mulai pasarkan saat bazaar-bazaar agenda Pemkot Tangerang dan kami suguhkan pada tamu yang berkunjung ke Posyandu,” paparnya.

Kedua tumbuhan itu sendiri mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bunga telang berkhasiat membasmi racun dipencernaan, melancarkan haid, dan mengobati panas dalam. Sedangkan bunga rosella dapat mengurangi rasa cemas dan depresi, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan organ hati, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan berat badan.

Kini, sari bunga telang dan rosella dijual dengan kemasan botol 250 ml dengan harga Rp6 ribu dan 350 ml dengan harga Rp8 ribu.*** (IG)