Dalgona Coffee yang Kini Viral, Ada Manfaat Kesehatannya?

oleh -
Kopi Dalgona
Dalgona Coffee. (Dok. Halodoc)

JALAJAHNUSAE.com – Dalgona Coffee atau kopi Dalgona merupakan racikan kopi yang kini sedang viral di media sosial. Terbuat dari bahan sederhana dan pertama kali muncul di Korea Selatan (Korsel). Resep ini lahir dari sejumlah anak muda di Korsel di kala masa karantina diri di rumah karena wabah pandemi Covid-19.

Dalgona Coffee terbuat dari bahan-bahan yang terdiri dari kopi, gula, dan susu cair. Rasanya lembut, manis dan pahit. Namun di balik rasanya yang nikmat, apakah racikan minuman kopi dalgona mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh? Nah berikut ini ada penjelasannya!

Manfaat Kesehatan dari Segelas Dalgona Coffee

Dalgona coffee terdiri dari susu cair, kopi, dan gula. Masing-masing bahan ini tentunya memiliki manfaat untuk kesehatan, antara lain:

Manfaat Kopi bagi Kesehatan

Manfaat dari kopi dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi dan berbagai nutrisi. Tujuan orang minum kopi biasanya untuk meningkatkan energi dan kewaspadaan saat bekerja. Sebagian besar kopi biasanya mengandung kafein, yakni sejenis zat psikoaktif untuk meningkatkan kewaspadaan seseorang.

Baca juga: Lagi Viral Dalgona Coffee, Begini Cara Buatnya!

Saat minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah dan kemudian ditransfer ke otak. Di otak, kafein bekerja untuk menghambat adenosin neurotransmitter. Ketika hal ini terjadi, jumlah neurotransmiter lain, seperti norepinefrin dan dopamin meningkat, sehingga seseorang bisa menjadi lebih aktif dan waspada.

Seperti dilansir dari Healthline, kopi dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, seperti meningkatkan memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi mental seseorang.