Segarnya Lempah Kuning, Masakan Ikan Berkuah Kuning Khas Bangka

oleh -
Lempah Kuning, kuliner khas Pulau Bangka. (Foto JalajahNusae)

JALAJAH NUSAE – Pulau Bangka di wilayah Provinsi Bangka Belitung, dikelilingi lautan sehingga dikenal kaya akan potensi boga bahari, salah satunya ikan laut. Bahan-bahan boga baharilah yang mendominasi kuliner khas Bangka, satu diantaranya yang terkenal yaitu Lempah Kuning.

Kuliner olahan ikan berkuah kuning ini, merupakan makanan khas masyarakat Kepulauan Bangka Belitung terutama di Pulau Bangka dan sekitarnya. Kuliner inipun sudah tercatat sebagai salah satu Cagar Budaya Nasional Tak Benda. Sedangkan di Pulau Belitung, varian makanan tersebut dikenal dengan nama Gangan.

Citarasanya yang pedas, asam, dan manis membuat segar siapapun yang menyantapnya. Citarasa itulah yang terasa di lidah saat menyeruput kuah Lempah Kuning. Menyantap hidangan itu bisa membuat candu akan kenikmatannya. Lempah Kuning memang tak bisa dipisahkan dari masyarakat Bangka. Begitu pula bagi warga Pulau Belitung.

Masyarakat Bangka, menjadikan Lempah Kuning sebagai menu andalan sehari-hari atau bahkan di acara-acara tertentu. Makanan ini berbahan dasar utama ikan, seperti ikan kakap merah atau ikan tenggiri. Uniknya, ikan yang dipilih untuk dijadikan bahan utamanya adalah kepala ikan. Namun, jika tidak menyukai kepala ikan, Anda dapat memilih bagian badan atau ekor ikan.

Nama Lempah Kuning sendiri diambil karena kuahnya yang berwarna kuning. Berbumbu dasar kunyit, lengkuas, cabai, dan terasi. Rasa pedas dan segar sangat cocok bagi mereka yang menyukai makanan pedas. Bagi mereka yang tak suka terlalu pedas, dapat juga disesuaikan tingkat kepedasannya.

Terasi menjadi bumbu utama kelezatan Lempah Kuning. Terasi inipun menjadi andalan kuliner Bangka. Daerah Toboali di Bangka Selatan menjadi penghasil utama terasi di Bangka. Terasi merupakan bumbu dasar andalan untuk memasak Lempah Kuning karena bumbu ini merupakan penyedap rasa alami, terbuat dari olahan udang. Takaran terasi yang pas dapat membuat Lempah Kuning semakin menggiurkan untuk disantap.

Hingga kini, Lempah Kuning semakin bervariasi. Beberapa sajian Lempah Kuning ditambahkan dengan irisan nanas atau ditambahkan dengan daun kedondong. Bahan tambahan ini dicampur untuk menciptakan rasa asam yang begitu segar dan nikmat. Perpaduan antara bahan ikan segar ditambah nanas/daun kedondong dengan cabai dapat menciptakan rasa asam pedas yang segar pada kuahnya.

Kenikmatan dan kesegaran Lempah Kuning inilah yang banyak diburu para wisatawan yang datang ke Pulau Bangka. Lempah Kuning dinikmati di kala siang hari, dapat membuat kesegaran di mulut hingga tak pernah bisa melupakan dan ingin terus mencobanya kembali.*** (IG)