12 Makanan Khas Cirebon yang Wajib Disantap Saat Berkunjung!

by -
Sajian Entog Pedes, Kuliner Khas Cirebon - Sumber: instagram.com/anekakuliner

Jalajahnusae.com – Kota Cirebon terkenal dengan kuliner khasnya. Jika kamu berkunjung ke kota ini wajib mencoba ragam makanan khas Cirebon yang lezat!

Banyak makanan, minuman, bahkan camilan khas. Membayangkannya membuat perut keroncongan. Letaknya di perbatasan Jabar dan Jateng membuat jenis makanannya beragam, karena hasil dari akulturasi budaya yang ada di kota udang ini. Apasaja ragam kuliner tersebut? Berikut daftar kuliner khas Cirebon .

Tahu Gejrot

Salah satu kuliner yang paling terkenal di Cirebon adalah tahu gejrot. camilan ini terdiri dari tahu, cabai, bawang dan kuah khas.

Sensasi rasa di campuran terasa asam, pedas, manis dan asam. Kamu bisa datang ke Toko Shinta, Jl. Kanoman No.depan, Pekalipan, Kec. Pekalipan.

Docang Pak Kumis

Sekilas makanan ini mirip dengan lontong sayur. Tetapi dalam seporsi Docang selain ada lontong Kamu akan disuguhi daun singkong, kerupuk, tauge kemudian disiram dengan kuah merah. Kamu bisa mengunjungi tempatnya di Jl. Tentara Pelajar, Pekiringan, Kec. Kesambi.

Kuah ini berasal dari sayur oncom. Kamu bisa mengunjungi tempat ini mulai jam 6 pagi hingga 9 malam. Harga yang ditawarkan juga sangat murah mulai dari Rp8 ribu.

Kue Tapel

Kudapan ini sudah jarang ditemukan. Meski terkesan jadul namun ditempat ini pemiliknya tetap konsisten menyajikan kue tapel sejak 50 tahun yang lalu. Tokonya terletak di  Gg. Alas Demang 1 No.1, Kec. Pekalipan.

Kue ini dipanggang pada tungku kayu, bahan adonannya berasal dari kelapa yang diberikan isian seperti gula merah dan pisang. Isian tersebut di penyet bersama adonan mirip dengan martabak. Kamu bisa membelinya seharga Rp9 ribu per buahnya. Warung ini mulai buka sejak pukul 6 pagi hingga pukul 3 sore.

Mie Petruk

Mie kaki lima ini benar-benar memiliki cita rasa tinggi. Banyak pembeli yang datang bergantian.

Yang membuat nikmat adalah proses memasak mie menggunakan tungku arang, aromanya khas. Untuk satu porsi kamu harus membayar Rp15 ribu.

Empal Gentong H. Apud

Satu porsi yang disajikan berupa cita rasa yang melegenda. Disantap bersama nasi, cocok untuk makan siang. Kamu bisa datang ke tempatnya di Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Kota Cirebon.

Isianya pun bisa dipilih mulai dari kikil, jeroan dan daging. Belum lagi, kuah santan yang nikmat membuatmu ingin tambah. Harganya mulai dari Rp22 ribu.

Es Cuwing Kartini

Berbeda dengan es cincau, es cuwing memiliki tambahan bubur sumsum, santan, isian ada kelapa, cendol dan gula jawa.

Kamu bisa mencoba datang ke Es Cuwing Kartini di Jl. Kartini, Kec. Kejaksan. Banyak orang yang mencari hidangan ini, harga satu porsi mulai dari Rp4 ribu.

Nasi Lengko Haji Barno

Nasi Lengko Haji Barno terletak di  Jl. Pagongan No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksan. Nasi ini terdiri dari berbagai lauk seperti tempe, tahu, tauge, potongan timun kecil-kecil dan taburan daun kucai. Campuran tersebut disiram dengan bumbu kacang.

Makanan sederhana ini menggugah selera banyak orang. Untuk makan di sini kamu hanya hanya perlu membayar Rp13 ribu.

Ayam Bahagia 71

Hampir seumuran dengan usia kemerdekaan, Ayam Bahagia 71 berdiri sejak 1946. Tempat ini terletak  di Jl. Bahagia No.69-71, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk.

Sajian daging ayam kampungnya yang diolah dengan bumbu khas, lalu tak terlewat sambal yang tidak terlalu pedas sehingga siapapun bisa merasakan makanan ini.

Untuk bisa makan di sini kamu akan dikenakan biaya Rp18 ribu. Tempat ini buka dari jam 8 sampai 11.

Nasi Jamblang Bu Nur

Mirip nasi lengko, nasi jamblang terdiri dari campuran nasi dan beragam lauk pauk. Namun, ada satu makanan khas yang melegenda yaitu cumi saus hitam.

Kamu wajib datang ke warung Nasi Jamblang Bu Nur. Harga satu porsinya mulai dari Rp20 ribu. Buka setiap hari.

Tahu Petis Kertas Sari

Tahu petis ini diproduksi oleh warga, jadi ekonomi tanding sektor besar. Cocok jadi cemilan perjalanan maupun sedang bersantai.

Tahu goreng yang hangat disajikan bersama bumbu petis yang gurih. Untuk makan di sini kamu harus bayar dengan harga Rp10 ribu.

Mie Koclok Gombang Pak Rasita

Isian dari mie ini terdiri dari suwiran ayam, telur rebus, irisan kol dan bawang goreng selain itu kamu juga bisa menambahnya dengan lontong.  Ciri khas hidangan ini yakni daging ayam kampung serta bubuk cabe, sehingga rasanya lebih menggugah selera makan.

Mie Koclok Gombang Pak Rasita terletak Jl. Bahagia No.2, Gombang, Kec. Plumbon, Kota Cirebon.

Pedesan Entog

Tekstur daging yang dijual di warung ini terkenal empuk dan mirip daging bebek telah dibumbui dengan rempah sehingga sama sekali tidak ada bau amisnya.

Pedesan Entog terletak di Jl. Brigjend Dharsono, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon. Untuk makan pedesan entog kamu akan dikenakan harga mulai dari Rp30 ribu.

Bagaimana, kamu sudah memutuskan untuk makan apa? Bisa coba semuanya kok! Ragam kuliner yang ada di Kota Udang ini memang menggugah selera. Baca artikel menarik lainnya di Jalajahnusae.com.