Bupati Beltim Resmi Membuka Jelajah Pesona Jalur Rempah

oleh -
Bupati Belitung Timur Yuslih Izah Mahendra pagi ini pukul 10.11 WIB,Sabtu (31/8/2019) membuka event Pesona Jalur Rempah di di Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Foto:Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza Mahendra,Sabtu pagi (31/8/2019), membuka event Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur yang di Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur.

Pembukaan event yang membangkitkan kembali kejayaan masa lalu itu didahului dengan laporan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung, Epi Nardi.

Menurut Epi Nardi, dari kegiatan ini diharapkan akan mendapatkan dan memperkuat posisi Beltiung Timur (Beltim) sebagai urat nadi perekonomian melalui jlur rempah yang pernah dilakukan dimasa lampau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung, Evi Nardi saat memberikan laporan kegiatan Pesona Jalur Rempah Belitung Timur 2019. Foto:adhi

Beltim sudah melakukan kajian secara keilmuan terkait dengan sejarah maritim.

“Kajian itu dilakukan kerjasama dengan kementrian Kelautan dengan arkeologi nasional, jadi dari laut sampai darat sudah ditemukan bukti-bukti bahwa Beltim merupakan bagian jalur perdagangan dunia pada masa lalu,” kata Evi.

Dari hasil penelitian tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kemudian memutuskan  mengemas hasil kajian tersebut menjadi suatu even yang memiliki edukasi terkait sejarah dan budaya tersebut.

Foto:adhi

Dijelaskan Evi, bahwa Beltim sendiri memiliki komoditi rempah diantaranya meliputi sepang,pelawan,lada dan yang lainnya.

“Dengan adanya festival ini biar masyarakat berpatisipasi dan mengetahui juga bahwa Beltim ini bagian suatu sejarah yang merupakan jalur rempah, daerah yang strategis memiliki potensi,” ujar Evi.

Foto:adhi

Dalam kesempatan tersebut Bupati Izah menyampaikan terima kasih kepada beberapa pihak yang turut menyukseskan event ini sehingga diharapkan bisa menjadi salah satu agenda tahunan.

Sampai berita ini diturunkan pukul 11.15 WIB rangkaian acara sedang berlangsung. Diantaranya sambutan-sambutan dari beberapa stakeholder,baik kementerian maritim,maupun kementerian pariwisata.

Berikut foto-foto rangkaian pembukaan Pesona Jalur Rempah Belitung Timur;

(adh)