Geopark Run Series 2020 Mulai Digelar Juni Mendatang

oleh -
Foto: ilustrasi

JALAJAHNUSAE.com – Meski waktunya masih cukup lama,tapi ada baiknya kalian yang ingin mengikuti Geopark Run Series 2020,bisa mempersiapkan diri dari sekarang. Event yang akan berlangsung ada 27-28 Juni 2020 mendatang ini diperkirakan bakal seru.

Untuk Geopark Run Series 2020 di Ciletuh Geopark Pelabuhanratu,Kabupaten Sukabumi,Jawa Barat sendiri akan berlangsung pada tanggal 25-29 Agustus 2020. Para peserta akan diajak untuk menikmati keindahan alam di kawasan Ciletuh.

Tidak hanya bagi mereka yang dari luar kota, pemerintah Kabupaten Sukabumi mengaku siap menggelar rangkaian Geopark Run Series tersebut untuk para warga di sekitar.

“Untuk warga sebenarnya malah sudah dibekali persiapan sejak kita jadi statusnya UNESCO Global Geopark, April 2018 lalu. Jadi memang sudah ada sosialisasi untuk gelaran Geopark Run Series ini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani, saat ditemui di acara peresmian Geopark Run Series 2020 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (27/2/2020), lalu.

Kesiapan lain adalah area penginapan untuk para peserta Geopark Run Series. Rencananya, penginapan peserta akan dipusatkan di kawasan Pantai Palangpang.

Ada lebih dari 300 rumah warga yang sudah siap dijadikan homestay serta penginapan berupa hotel berbintang.

“Sengaja di kawasan Pantai Palangpang supaya sore harinya bisa sekalian melihat sunset,” jelas Usman.

Selain persiapan untuk area penginapan, para pelaku UKM juga bersiap melayani banyak wisatawan. Usman berharap, para warganya bisa menyambut para wisatawan dengan baik, sehingga bisa menonjolkan kuliner khas Sukabumi.

Salah satu wisata air terjun di Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi.(DOK. Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat)

Wisatawan yang datang ke Ciletuh kebanyakan adalah wisatawan nusantara. Namun dengan adanya Geopark Run Series, Usman berharap wisatawan mancanegara bisa berkunjung.

Target wisman juga dari acara berskala internasional lainnya yang akan digelar di Ciletuh pada bulan Agustus mendatang, yakni World Surf League (WSL).

Menurut situs resmi WSL,, informasi mengenai gelaran acara WSL di Ciletuh akan digelar pada tanggal 25-29 Agustus 2020.

Dewan Pakar PHRI Jawa Barat (pemilik hotel Augusta Pelabuhanratu,Sukabumi) Dadang Hendar. Foto: Jalajah Nusae/adhi

Ciletuh seringkali diberitakan mengalami longsor dan banjir. Alhasil, ada kekhawatiran jika event berskala internasional digelar.

Namun menurut Usman, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan penanganan bencana alam yang sudah maupun potensinya.

“Sukabumi memang rawan bencana. Tapi pemda sudah bersiap untuk penanganan. Nantinya ada alat berat yang siap untuk membuka jalan longsor. Jadi tidak usah khawatir,” kata Usman.

Persiapan lain adalah, industri pariwisata seperti akomodasi (perhotelan) juga sudah mempersiapan diri untuk menyambut tamu-tamu dari luar kota.

“Pada prinsipnya, kami sangat mendukung event seperti ini. Apalagi Geopark Ciletuh mulai dikenal di beberapa negara. Harapannya, event Geopark Run Series ini dapat mendatangkan banyak wisatawan,baik lokal maupun mancanegara,” kata Dadang Hendar,Dewan Pakar Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Bara–yang juga pemilik Hotel Augusta Pelabuhanratu ini.

(adh)