SIPA 2019 Dimeriahkan Seniman Terbaik Indonesia dan Asia

oleh -
Kemeriahan SIPA 2018. (Dok. sipafestival.com)

JALAJAHNUSAE.com – Di awal September 2019 nanti, Solo akan kedatangan para seniman dari negara-negara di Asia. Seniman asing tersebut akan memeriahkan festival seni tahunan berskala internasional,  Solo International Performing Arts (SIPA). Acara akan berlangsung pada tanggal 5-7 September 2019, di Benteng Vastenburg, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta.

Seperti dilansir laman resmi sipafestival.com, SIPA merupakan pertunjukan seni internasional sebagai tempat bagi para seniman dari berbagai belahan dunia untuk memajang karya-karya mereka di atas panggung yang megah, mewah, dan spektakuler.

Kali ini, SIPA digelar dengan mengusung tema “Art as Social Action”. Pertunjukan seni ini dipastikan meriah dan membuat takjub para penonton karena disajikan di atas panggung besar sepanjang 33,7 meter. Nuansa eksotis pun akan didapat dari latar panggung sebuah bangunan heritage, Benteng Vastenburg. Panitia juga menyediakan sekitar 5000 kursi untuk penonton.

SIPA 2019 akan menampilkan sejumlah seniman terbaik Indonesia. Diantaranya De Tradisi (dari Medan), Fierart Dance Group (Bandung), Labor Seni Terasuru (Aceh), Malay Dans Studio (Riau), Mila Art Dance (Yogyakarta), Folakatu Art Tidore (Tidore), Kemlaka Sound of Archipelago (Solo), Duta Seni KS (Banten), Abib Igal Dance Project (Yogyakarta), dan Aceh Performance Art (Aceh).

Selain itu juga hadir para seniman berlabel internasional dari beberapa negara Asia, antara lain Hi Mask (Korea Selatan), Senju Kabuki Dance (Jepang), Korea National University of Arts (Korea Selatan), Yamato Dance Unit (Jepang), dan The Arts and the Aesthetics (India).*** (IG)