Sepanjang 2020, Banyuwangi akan Gelar Tujuh Event Sepeda

oleh -
Pulau Merah Cycling, salah satu event sepeda di Banyuwangi yang digelar tahun lalu. (dok. Pemkab Banyuwangi)

JALAJAHNUSAE.com – Banyuwangi memang tak salah jika disebut sebagai tempat terbaik untuk bersepeda di Indonesia. Daerah berjuluk “The Sunrise of Java” ini mempunyai sarana olahraga bersepeda yang komplet. Hal ini terbukti dengan akan digelarnya tujuh event sepeda di Banyuwangi sepanjang tahun 2020.

Banyuwangi juga dikenal kerap menggelar berbagai event. Baik yang bertema pariwisata, kesenian, keagamaan, kuliner, dan olahraga. Total ada 123 agenda yang masuk dalam Majestic Banyuwangi Festival 2020. Dari semua agenda tersebut, 14 di antaranya merupakan event olahraga. Dan tujuh di antaranya bertema sepeda.

“Kenapa kami memilih sepeda karena olahraga ini memiliki penggemar tersendiri yang kian tahun semakin tumbuh penggemarnya,” ungkap Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Rabu (26/2/2020), dikutip dari laman banyuwangikab.go.id.

Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini tak hanya menggelar event, namun juga menawarkan rute menarik untuk pesepeda. Karena itu, Anas mengajak seluruh cyclist di Indonesia dan luar negeri untuk bersepeda di Banyuwangi. Selain rute yang komplet, pesepeda juga dimanjakan dengan panorama yang luar biasa indah.

“Banyuwangi ini luar biasa terkait dengan medan bersepeda. Banyuwangi dekat dengan pantai, dan dekat juga dengan gunung. Sehingga rutenya sangat menarik. Ada tanjakan, ada turunan, dan ada medan datar. Semuanya komplet. Makanya, ayo bersepeda ke Banyuwangi,” ujar Anas.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi, Zen Kostolani memaparkan, agenda bersepeda di Banyuwangi dibuka dengan ‘Banyuwangi International BMX’, pada 4-5 April 2020. Ajang ini mempertandingkan kelas C1 dan Hors Class (HC). Pesertanya datang dari dalam dan luar negeri.

“Bagi cyclist yang senang dengan track tanjakan, bisa datang ke Banyuwangi pada Juli nanti. Sebuah event bersepeda bertajuk ‘Blue Fire Ijen Challenge 2020’ akan dilangsungkan medio Juli. Event tersebut mengajak cyclist menyusuri keindahan Banyuwangi hingga kaki Gunung Ijen,” papar Zen.

Pada Agustus 2020, kata Zen, akan digelar dua event bersepeda. Pertama, ‘Mountain Bike Enduro’. Ajang yang berlangsung pada 9 Agustus ini diperuntukkan mereka yang doyan gowes menggunakan sepeda gunung (MTB).

“Lalu, Banyuwangi juga memanjakan penggemar sepeda lipat, khususnya merek terkenal asal Inggris, Brompton. Menggandeng Brompton Owners Group Indonesia (BOGI), Banyuwangi akan menjadi tuan rumah event BOGI Explore Banyuwangi, medio Agustus,” papar Zen.

Berikutnya, pada pertengahan September akan berlangsung event sepeda ‘Banyuwangi XC Race’. Serta event bertajuk ‘Women Cycling Challenge’ akan digelar pada awal Oktober.

“Seluruh agenda bersepeda di Banyuwangi akan ditutup dengan ‘International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI)’ pada akhir Oktober,” pungkasnya.***(IG)