Sumedang Ingin Kejuaraan Internasional Paralayang Lebih Seru Dari Banyuwangi

oleh -
foto: dok kemenpar

JALAJAHNUSAE.com – Persiapan kejuaran  Paralayang kelas internasional atau West Java Paragliding World Championship 2019 yang akan digelar pada 22 – 28 Oktober 2019 di Sumedang, Jawa Barat, terus dilakukan.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Minggu (25/8/2019) mengatakan, pihaknya mempersiapkan event berskala internasional ini dengan sebaik mungkin. Bahkan diperkirakan lebih ramai dari tahun sebelumnya yang berlangsung di Banyuwangi, Jawa Timur.

“Benchmarking kami Kabupaten Banyuwangi. Paling lama dalam 5 tahun ke depan, Sumedang harus seperti Banyuwangi, bahkan melampauinya,” katanya.

Bupati Dony juga mengatakan, event ini diharapkan akan memantik peningkatan kunjungan wisata ke Kabupaten Sumedang. Karena panorama alam di sini tidak kalah dengan yang ada di Banyuwangi.

“Sebagai pemanasan, tahun ini kami akan menyelenggarakan kejuaraan dunia paralayang. Event paralayang berkelas ini yang terbesar dan terlengkap dalam sejarah kejuaraan dunia paralayang,” katanya.

Bupati Sumedang Dony Munir (kiri) saat menjelaskan rencana kejuaraan Paralayang Internasional kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi beberaooa waktu lalu. foto:dok

Dony juga menjelaskan, event ini akan mempertandingkan dua kelas sekaligus, yakni kelas paling bergengsi cross country dan accuracy.

Kedua kelas tersebut di bawah lisensi persatuan paralayang dunia PWC dan PGAWC. Selain itu, ada juga kategori tambahan yang tidak kalah menarik, yaitu fun fly atau festival fly yang baru pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia.