Festival Goyang Karawang Internasional Diikuti 15 Negara

oleh -
Dok. Disparbud Jabar

JALAJAHNUSAE.com – Kabupaten Karawang, Jawa Barat akan menggelar festival tari berskala internasional, bertajuk “Festival Goyang Karawang Internasional 2019”. Event ini merupakan kelanjutan dari Festival Goyang Karawang (Gokar) tingkat provinsi dan tingkat  nasional yang pernah diselengaran pada tahun 2017 dan 2018.

Festival Gokar Internasional tersebut juga merupakan titik awal untuk menjadi agenda Festival Tari tahunan yang diadakan dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Karawang. Juga sebagai atraksi wisata sebagai daya tarik wisatawan ke Karawang.

Menurut Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Festival Gokar diharapkan menjadi agenda tahunan pariwisata Karawang. Ia juga berharap konotasi goyang Karawang tidak lagi dipandang negatif.

“Saya ingin buktikan bahwa goyang Karawang konotasinya tidak negatif. Tapi mampu representasikan semangat dan kekayaan tradisi Karawang,” ucap Cellica dikutip dari laman karawangkab.go.id.

Gelaran tahun ini akan berlangsung selama 4 hari dari 26 – 29 September 2019. Berlokasi di Lapangan Galuhmas Karawang. Sebanyak 5 provinsi akan memeriahkan acara dengan sajian Tarian Nusantara. Bahkan 15 negara juga akan turut serta dengan menampilkan beragam tarian.

Provinsi yang mengirimkan perwakilannya, diantaranya Provinsi Papua, Banten, DKI Jakarta, Bali, dan Jawa Barat. Sedangkan peserta dari luar negeri terdiri dari Amerika, Prancis, Mesir, Australia, Jepang, India, China, Korea Selatan, Filipina, Kamboja, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

Festival juga akan dimeriahkan dengan penampilan seni tari tradisional khas Kabupaten Karawang, tarian masal 10.000 Penari Ibing Goyang Karawang untuk Rekor MURI, perlombaan dan permainan, pameran,serta Bazaar.***(IG)