Dieng Culture Festival 2019 Bakal Dipadati Pengunjung, Ini Rundownnya!

oleh -

JALAJAH NUSAE – Dieng Culture Festival (DCF) 2019 yang digelar pada tanggal 2 – 4 Agustus 2019 mendatang, dipastikan bakal dipadati pengunjung. Pasalnya sebanyak 4 ribu tiket yang disediakan panitia sudah habis terjual.

Pantia menyediakan 4 ribu tiket yang dijual kepada wisatawan. Penjualan dilakukan secara online, serta melalui biro. Selain itu juga dijual offline dengan cara menghubungi masing-masing panitia. Wisatawan pun mendapatkan beberapa fasilitas. Mulai tiket masuk ke beberapa obyek wisata, serta mendapatkan kain batik, caping, tas, lampion dan bisa mengikuti semua agenda DCF yang dipusatkan di Desa Wisata Dieng Kulon.

Tahun ini, Dieng Culture Festival akan menyajikan beragam agenda yang menarik, diantaranya pertunjukan musik jazz, pameran seni dan budaya lokal, festival lampion, pemotongan rambut anak gimbal, dan masih banyak lagi. Berikut rundown acaranya:

Hari pertama Dieng Culture Festival (2 Agustus 2019)

Acara dibuka pukul 14.00 WIB. Dilanjutkan dengan agenda Maiyakan pukul 15.00 WIB. Kemudian pada malam harinya akan ada agenda “Jazz di Atas Awan” mulai pukul 20.00 WIB.

Hari kedua, (3 Agustus 2019)

Dimulai dengan agenda Purwaceng Party pukul 09.00 WIB. Diteruskan dengan Parade Seni Budaya. Acara hari kedua akan ditutup dengan Festival Lampion dan Pesta Kembang Api yang dimulai pukul 19.30 WIB.

Hari terakhir (4 Agustus 2019)

DCF 2019 akan dimeriahkan dengan kirab budaya pukul 06.30 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Dilanjutkan dengan Jamasan, kemudian dilakukan Ruwat dan cukur rambut gimbal pukul 10.00 WIB. Acara pada hari terakhir ditutup dengan Larungan pukul 13.00 WIB sampa dengan selesai.

Nah bagi para wisatawan yang sudah memegang tiket, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, karena cuaca dan suhu di Dieng yang sangat dingin belakangan ini, hendaknya pengunjung yang datang membawa jaket tebal. Perlengkapan lain seperti sarung tangan, kaos kaki, hingga kupluk juga penting. Diprediksi, saat DCF nanti, bertepatan dengan puncak musim dingin di Dieng, sehingga embun es diperkirakan akan muncul.*** (IG)