Festival Iraw Tengkayu Tarakan Bakal Seru Dengan Ritual Larung

oleh -
Selama dua hari, Festival Iraw Tengkayu akan digelar di Kota Tarakan pada 21 - 22 Desember 2019 mendatang. Foto:ist

JALAJAHNUSAE.com – Dipengujung tahun 2019, banyak acara festival budaya Nusantara yang digelar. Inilah kesempatan kita untuk menghibur diri sekaligus memperluas pengetahuan tentang budaya di Indonesia.

Salah satu festival budaya unik adalah Festival Iraw Tengkayu di Kota Tarakan. Acara itu diselenggarakan pada 21 – 22 Desember 2019.

Selama dua hari, kamu akan melihat festival budaya dengan puncaknya pelarungan perahu yang disebut Padaw Tuju Dulung ke laut. Festival itu terselenggara bertepatan dengan hari jadi Kota Tarakan ke-22.

Lebih jelas lagi, pesta adat Iraw Tengkayu merupakan upacara tradisional masyarakat Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara dengan menghanyutkan sesaji ke laut dan diisi dengan berbagai macam perlombaan. Kegiatan ini digelar dua tahun sekali bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Tarakan.

“Kami ingin mengajak wisatawan baik dalam dan luar negeri untuk datang ke festival ini. Eent ini merupakan perpaduan budaya dan atraksi yang menarik dengan puncak acara sebagai simbol rasa bersyukur masyarakat kepada Tuhan,” ujar Wali Kota Tarakan, Khairul,baru-baru ini.

foto:ist

Sebagai festival budaya yang dilestarikan, Iraw Tengkayu sendiri memiliki dua arti yaitu Iraw sebagai perayaan sementara Tengkayu ialah pulau kecil di tengah laut yakni pulau Tarakan.

Upacara yang dilakukan masyarakat adat Tidung sudah berlangsung turun temurun. Nantinya, inti kegiatan akan diisi ritual Parade Padaw Tuju Dulung (perahu tujuh haluan) dengan melepaskan perahu berisi makanan atau pakan ke laut.