Sumatera Barat Launching Tiga Calendar of Event 2019

oleh -
Pemukulan bedug menandai launching CoE Sumbar 2019. (Foto Kemenpar)

JALAJAHNUSAE.com – Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaunching tiga Calendar of Event 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rabu (14/08/19). Ketiga event tersebut yaitu Festival Budaya Minangkabau, Tour de Singkarak (TdS), dan Pasa Harau.

Ketiga event yang masuk 100 CoE Kemenpar tersebut, digelar sebagai upaya melestarikan dan mempromosikan budaya, kuliner, serta destinasi di Sumbar. Acara peluncuran itu dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Ketua Tim Pelaksana CoE Kemenpar, dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Menurut Gubernur H. Irwan Prayitno bersumber dari siaran pers Kemenpar, Sumbar memiliki 49 event unggulan, 3 event di antaranya masuk dalam 100 Wonderful Event yang digelar sepanjang tahun ini di 19 kabupaten/kota di Sumbar. Ketiga event unggulan tersebut Pasa Harau Art And Cultural Festival, Tour de Singkarak (TdS), dan Festival Budaya Miangkabau.

Penyelenggaraan ketiga event unggulan ini pun diharapkan akan menjadi magnet dalam mendatangkan wisatawan ke Sumbar. Tahun ini, Sumbar menargetkan 58.447 wisatawan mancanegara (wisman) dan 8,4 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

“TdS 2019 merupakan event unggulan Sumbar. Tahun ini kita berkolaborasi dengan Provinsi Jambi. Dua kabupaten di Jambi yakni Kerinci dan Sungai Penuh akan dilalui. Ini menjadi kesempatan untuk mempromosikan pariwisata Jambi,” jelas Gubernur Irwan.

Selanjutnya, kata Irwan, event lainnya yaitu Pasa Harau Art And Cultural Festival akan berlangsung di Kabupaten Lima Puluh Kota pada 16-18 Agustus 2019. Di situ akan ditampilkan beberapa atraksi wisata, diantaranya Harau Performing Art, Harau Adventure Run (Harau Berjejaring), Pacu Jawi, serta Jelajah Harau/Mengejar Embun Lembah Harau.

“Sementara itu untuk event Festival Pesona Budaya Minangkabau akan berlangsung di Kabupaten Tanah Datar pada 4-7 Desember 2019. Dalam festival budaya ini akan ditampilkan antara lain Pawai Budaya, Arakan Jamba, Makan Bajamba, dan Pemecahan Rekor MURI untuk Pagelaran Telepong  Pacik Terbanyak,” pungkas Irwan.*** (IG)