Pekan ini, Aceh akan Dimeriahkan “Saman Gayo Alas Festival 2019”

oleh -
Tari Saman, tarian tradisional Suku Gayo. (Foto pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Jika ada rencana berlibur ke Aceh, akhir pekan ini menjadi pilihan yang pas. Karena di sana akan ada semarak kemeriahan festival Tari Saman, tarian tradisional khas Suku Gayo yang berasal dari Provinsi berjuluk Serambi Mekkah ini. Acaranya yaitu Saman Gayo Alas Festival 2019.

Festival tersebut akan berlangsung 18-21 Agustus 2019, di Blangkejeran, Gayo Lues. Saman Gayo Alas Festival 2019 akan dimeriahkan oleh ribuan penari dari 140 desa di wilayah Kabupaten Gayo Lues.

Selain tarian dan budaya, pengunjung pun bisa menikmati aneka ragam kuliner tradisional Aceh di lokasi acara. Ditambah pula pameran berbagai produk lokal hingga sport tourism; paralayang.

Seperti disitat dari laman pesona.travel, Tari Saman merupakan tarian yang konon diciptakan oleh seorang Ulama Gayo bernama Syekh Saman pada abad ke-14 Masehi. Tari Saman berupa gerakan yang mengikuti sebuah nyanyian syair yang berupa pujian kepada Allah SWT, dan mengelu-elukan Nabi Muhammad SAW. Syair Tari Saman juga bisa berupa pantun nasihat dan tuntunan agar berbuat kebajikan.*** (IG)