Catat! Inilah 6 Event Jateng 2020 yang Wajib Disaksikan

oleh -
Candi Prambanan ikon pariwisata Jateng yang jadi salah satu venue CoE 2020 Jateng. (Foto visitjawatengah)

JALAJAHNUSAE.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah meluncurkan Calendar of Event (CoE) Pariwisata Indonesia tahun 2020, pada Oktober lalu. Dalam CoE 2020 tersebut terbagi atas 2 kategori, yaitu Top 10 dan Top 100, sehingga total ada 110 event nasional yang siap digelar tahun depan. Dari 110 event tersebut, 6 event Jawa Tengah masuk di dalamnya.

Keenam event 2020 Jawa Tengah ini tersebar di sejumlah kota/kabupaten dan akan menyajikan atraksi wisata yang berbeda serta memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut ini 6 event yang wajib Anda datangi saat berkunjung ke Jawa Tengah tahun 2020 mendatang yang dilansir laman resmi Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng.

Borobudur Marathon

Borobudur Marathon merupakan ajang lomba lari tingkat internasional yang menggabungkan unsur wisata olahraga, budaya, dan alam sekaligus. M​​engambil start di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Megelang. Berlangsung 15 November 2020 mendatang.

Keunikan dan keunggulan dari Borobudur Marathon dibandingkan dengan ajang lari lainnya, yaitu rute yang disuguhkan akan mengelilingi desa-desa yang asri dan berhawa sejuk di sekitar Borobudur. Panorama hijau persawahan dan udara segar pedesaan sepanjang rute akan menyejukkan mata selama berlari.

Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival (DCF) akan berlangsung pada 31 Juli – 2 Agustus 2020, bertempat di kawasan wisata Dieng, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jateng. DCF sendiri merupakan event budaya tahunan yang diinisiasi oleh Komunitas Masyarakat Sadar Wisata Dieng Pandawa, Desa Wisata Dieng Kulon.

DCF akan mengangkat daya tarik budaya yang unik, yaitu momen pencukuran anak berambut gimbal. Dimeriahkan dengan beragam acara, seperti Jazz di Atas Awan yang menampilkan musisi atau artis nasional, pertunjukan seni budaya, bazaar, camping ground, menerbangkan lampion, dan lain-lain. Setiap tahun, event ini mampu menyedot ratusan ribu wisatawan untuk datang ke Dieng yang juga dikenal memiliki hawa yang dingin.