Digelar Mandiri Festival Sugih Mukti Melebihi Gebyar Event Pemerintah

oleh -
Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur Aban Sobandi ketika membuka Festival Sugih Mukti, Sabtu malam (09/11/2019). Foto:Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Ribuan pengunjung memadati Lapangan Istana Cipanas,Kabupaten Cianjur,Jawa Barat, Sabtu malam (09/11/2019). Mereka berbaur dengan wisatawan yang kebetulan sedang berlibur akhir pekan di kawasan puncak.

Pesta rakyat bertajuk Festival Sugih Mukti malam itu secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur Aban Sobandi. Tampak hadir dalam festival yang akan berlangsungg hingga 24 November mendatang  Ketua BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur Nano Indrapraja.

Pemerintah Kabupaten Cianjur menyambut baik pelaksanaan event yang dimotori komponen masyarakat Cipanas secara mandiri ini. Tentu event seperti ini harus diapresiasi dan didukung penuh untuk bisa turut memperkenalkan potensi pariwisata Cianjur.

Kabupaten Cianjur,lanjut Aban,memiliki banyak potensi wisata desa di setiap kecamatan. Mulai dari Taman Bunga Nusantara,Gunung Padang, pantai di Cianjur Selatan hingga beragam kuliner.

“Jika hal ini terus diperkenalkan kemasyarakat luas, maka hal tersebut akan menjadi modal untuk mengembangkan pariwisata lebih baik lagi ke depan,” katanya.

Pemda Cianjur sendiri terus memperhatikan kebutuhan sarana pendukung ke setiap akses destinasi wisata. Tujuannya, supaya potensi wisata yang ada bisa lebih cepat berkembang.

Ketua Panitia Penyelenggara Festival Sugih Mukti Agus Chandra saat memberikan laporan pelaksanaan event. Foto: adhi

“Salah satu contoh, kami akan memperbaiki tempat parkir di daerah-daerah wisata yang tingkat kunjungannya cukup banyak. Selain memberikan pelayanan kepada pengunjung,  area parkir kendaraan ini diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi langsung kepada warga sekitar,” ujarnya.

Dampak ekonomi lainnya, kata Aban—yang sempat menjabat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini, warga bisa berjualan  sekaligus memperkenalkan oleh-oleh khas Cianjuran.

“Dalam skala besar, kami juga ingin seperti daerah-daerah luar yang memiliki destinasi unggulan untuk para wisatawan mancanegara (Wisman). Potensi itu kami miliki,” tambahnya.