Begitu Dibuka, FBLB Langsung Pecahkan Rekor MURI

oleh -
Salah satu atraksi yang ditampilkan di Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) 2019, Rabu (7/8/2019) mampu membuat pengunjung terpukau. Foto-foto: fb Frangkey Yelipele.

JALAJAHNUSAE.com – Kali ini ada yang berbeda dalam gelaran Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) 2019.Begitu dibuka,FBLB langsung berhasil menorehkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori tas Noken terbesar di dunia.

Torehan itu terlihat dari panjangnya tas sampai 30 meter. Lebih menarik lagi Noken tersebut diarak oleh 500 penari kolosal di Distrik Welesi, Rabu Siang (7/8/2019).

Penyerahan piagam rekor Muri diberikan oleh Senior Manajer MURI Yusuf Ngadri kepada Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon Richard Banua.

FBLB sendiri resmi dibuka oleh Menteri Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

Tampak mendampingi pada pembukaan tersebut Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon Richard Banua dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

“Fantastis. Saya memang tak pernah ragu terhadap atraksi yang disajikan FBLB. Kentalnya budaya menjadi sumber kekuatan yang tak ada habisnya mengisi festival ini,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menurut Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon Richard Banua, Noken tersebut merupakan kreasi dari 10 mamak dari suku Kurulu.

Pengerjaannya pun membutuhkan ketelitian yang tinggi dan dikerjakan selama beberapa bulan.