Wakatobi Wave 2019 akan Diramaikan Ragam Atraksi Budaya

oleh -
Panjat Pinang di tengah laut, atraksi unggulan Wakatobi Wave. (Dok. pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Wakatobi merupakan sebuah kepulauan di Sulawesi Tenggara yang namanya diambil dari empat pulau cantik, yaitu Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi memiliki potensi wisata bahari yang sangat menakjubkan dan dikenal sebagai salah satu spot diving (selam) terbaik.

Selain keindahan bawah laut, dalam waktu dekat ini Wakatobi akan diramaikan gelaran event tahun bertajuk “Wakatobi Wave 2019”. Acara yang akan digelar pada 11-13 November 2019 tersebut, akan dimeriahkan ragam atraksi budaya. Pembukaan Wakatobi Wave biasanya akan diawali dengan Karnaval Budaya yang diikuti ribuan peserta berasal dari Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Latar pemandangan alam yang luar biasa, cantik, indah, serta penuh warna bisa dinikmati wisatawan dalam event ini. Sebagian besar peserta yang memadati event Wakatobi Wave menggunakan pakaian khas daerah yang berwarna-warni beserta perangkat yang tiap benda memiliki makna tersendiri.

Ragam atraksi budaya akan tersaji di Wakatobi Wave 2019. Seperti tarian daerah, permainan khas daerah, hingga yang paling unik dan ditunggu yaitu panjat pinang di tengah laut. Di luar itu, Wakatobi Wave kali ini juga menghadirkan Expo yang menawarkan hasil-hasil kerajinan para pelaku di bidang Industri kreatif Wakatobi, termasuk di antaranya Kain Tenun Boke (ikat) yang tersohor dari Wakatobi.

Nantinya para wisatawan bukan hanya menikmati semarak Wakatobi Wave saja, namun juga bisa menikmati keindahan alam dari Wakatobi. Seperti yang sudah dikenal luas, Wakatobi memiliki jumlah karang dan jenis ikan terbanyak di dunia. Pulau-pulau ini juga terkenal sebagai terumbu karang pembatas terbesar di Indonesia kedua, setelah Great Barrier Reef di Australia.

Di sini pun, wisatawan bisa menemukan pinggiran, atol dan Barrier Reef, serta lebih dari 50 spot menyelam spektakuler yang mudah dijangkau dari pulau-pulau besar. Karena kehidupan bawah lautnya yang luar biasa, Wakatobi dengan cepat mendapatkan perhatian dunia untuk penyelaman berkualitas bagi para pemula selain para profesional. Ditambah lagi pantai-pantai Wakatobi yang indah dan menakjubkan.*** (IG/sumber: pesona.travel)