Tumbuhkan Kreativitas Anak Lewat Origami

oleh -
Penyelenggara Daikin Origami Day di Bandung. (Foto Handri)

JALAJAHNUSAE.com – Dengan semangat peringatan “Hari Anak Indonesia” dan turut melestarikan nilai-nilai budaya serta menumbuhkembangkan kreativitas anak, Daikin Airconditioning Indonesia bersama Yayasan Origami Indonesia dan Pemerintahan Kota Bandung menggelar kegiatan “Daikin Origami Day” di Taman Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana No. 2, Kota Bandung, Minggu (4/8/2019).

Kegiatan “Daikin Origami Day” ini mengambil tema “Pentingnya Menanamkan Nilai Budaya Positif dan Menumbuhkan Kreativitas Anak dalam Era Modernisasi Melalui Seni Melipat Kertas Tradisi Jepang”. Hal inipun dianggap perlu berperan aktif menyikapi gerusan modernisasi terhadap kebudayaan.

Origami (seni melipat kertas) tradisional Jepang masih dianggap sebagai aktivitas permainan anak-anak bagi sebagian orang. Padahal origami sebenarnya salah satu cabang ilmu pengetahuan yang memiliki tingkat keragaman dasar, menengah, dan tingkat mahir.

Seperti yang disampaikan Budi Mulia, Director PT Daikin Airconditioning Indonesia, Origami Day dipopulerkan kembali di Bandung dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Origami merupakan seni melipat kertas dari Jepang yang sangat penting dalam menumbuhkembangkan anak, terutama sensor motorik otak kanan dan otak kirinya agar seimbang dan menjadikan anak lebih kreatif.

“Origami menjadi alternatif permainan anak yang positif dalam menumbuhkembangkan anak serta melatih kreativitas anak dalam berkreasi di usia dini,” ujar Budi Mulya.