Tahun Ini, Festival Pesona Bau Nyale Sajikan 7 Konten Unik Khas Lombok

oleh -
Momen menangkap cacing laut di Festival Bau Nyale tahun sebelumnya. (dok. pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Festival Pesona Bau Nyale yang merupakan agenda event tahunan telah menjadi galeri kekayaan destinasi wisata Lombok. Nah di helatan tahun ini, Festival Pesona Bau Nyale akan lebih menarik dengan adanya sajian 7 konten unik dan menarik.

Ketujuh konten unik tersebut akan digelar sepanjang event yang akan berlangsung 9-15 Februari 2020 mendatang. Konten kekhasan itu akan dikemas melalui seni dan budaya, perlombaan, kuliner, musik, hingga dialog. Kali ini acara dipusatkan di Pantai Tanjung Aan, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Istilah Bau Nyale sendiri merupakan ritual tahunan menangkap Cacing Laut, yang menurut mitos adalah jelmaan Putri Mandalika. Festival ini menawarkan kemeriahan, antara lain Mandalika Photo Contest, Peresean, Dialog Kreatif, Pemilihan Putri Mandalika, Mandalika Fashion Carnival, Kampoeng Kuliner, hingga Malam Puncak Festival.

Seperti dilansir laman Pesona Indonesia, puncak Festival Pesona Bau Nyale 2020 akan digelar pada 14-15 Februari. Penetapan tata waktunya pun tak sembarangan, namun diatur melalui Sangkep Warige, pada Sabtu (11/1/20) lalu.

Sebelum turun berpesta menangkap Cacing Laut, para wisatawan akan disuguhi rangkaian acara kemeriahan lainnya. Apalagi, beberapa nama artis papan atas akan unjuk gigi dalam panggung musik. Sebut saja, Slank, Iwan Fals, hingga Noah.

Untuk lebih menguatkan kemeriahan pestanya, Peresean pun digelar memanjang 9-13 Februari 2020. Peresean jadi warna budaya otentik, sebuah upacara tarian kuno masyarakat Suku Sasak yang menghadirkan pertarungan 2 lelaki. Dengan senjata berupa tongkat rotan dan perisai kulit kerbau. Peresean menjadi representasi pertarungan para pangeran di Lombok yang memperebutkan Putri Mandalika.

Bersumber dari sejarah yang diketahui masyarakat Lombok, Putri Mandalika yang rupawan banyak diperebutkan sejumlah pangeran kerajaan Lombok. Untuk menghindari pertumpahan darah, Putri Mandalika lalu rela berkorban menceburkan diri ke laut. Lebih lanjut, Putri Mandalika lalu menjelma menjadi Nyale (cacing laut) dan muncul setiap tanggal 20 bulan 10 kalender Suku Sasak.

Konten panggung kreativitas lainnya di Festival Pesona Bau Nyale 2020, yaitu Mandalika Photo Contest. Digelar 9-15 Februari 2020, lomba pun mengharuskan pesertanya memproduksi konten foto terbaik di sepanjang event. Foto terbaik akan menjadi pemenang dan diumumkan dalam Malam Puncak Festival Pesona Bau Nyale 2020, 14-15 Februari. Konten tersebut juga diisi beragam ritual dan kesenian daerah.

Kemudian untuk menguatkan inspirasinya, diselenggarakan Dialog Kreatif pada Rabu (12/2/20). Mengusung tema besar “Creative Tourism and Culture Dialogue”, dengan venue di Kawasan Mandalika. Dialog ini terbuka bagi umum, termasuk para milenial. Program Dialog Kreatif nantinya juga menyajikan Pameran Industri Kreatif dan Tenun Fashion. Serta ada pula Pemilihan Putri Mandalika pada hari yang sama.

Ajang pemilihan Putri Mandalika diikuti ratusan putri-putri se-Pulau Lombok. Nantinya figur yang terpilih akan mewakili NTB dalam kegiatan bertaraf Internasional. Putri terpilih pun akan dinobatkan melalui prosesi khusus dalam Malam Puncak Festival Pesona Bau Nyale 2020.

Tak hanya itu, rangkaian festival semakin menarik dengan konten Mandalika Fashion Carnival, yang akan digelar pada Kamis (13/2). Selain karya kreatif otentik melalui busana, mereka juga menampilkan koreografi terbaik plus kekompakan. Rencananya Mandalika Fashion Carnival diikuti siswa sekolah se-Lombok Tengah.

Selanjutnya nikmati juga sajian ragam kuliner khas Lombok di Kampoeng Kuliner. Ragam kuliner tersebut bisa langsung dinikmati di venue festival. Secara umum, Lombok terkenal dengan kuliner Ayam Taliwang, Nasi Balap Puyung, Bebalung, Sate Bulayak, Sate Rembiga, Plencing Kangkung, Beberuk Terong, dan Sate Tanjung. Lalu bagi pecinta sport tourism dan adventure yang memacu adrenalin, jangan lewatkan kegiatan Mountain Bike.***(IG)