Rekor MURI akan Tersaji di Festival Pesona Minangkabau 2019

oleh -
Pacu Jawi, salah satu atraksi budaya yang akan tampil di Festival Minangkabau 2019. (Foto pesona.travel/Barry Kusuma)

JALAJAHNUSAE.com – Sumatera Barat akan diramaikan dengan gelaran Festival Pesona Minangkabau 2019. Tempatnya di wilayah Kabupaten Tanah Datar. Festival dimulai hari ini, Rabu (4/12/19) hingga 8 Desember 2019. Total ada 16 atraksi budaya yang akan disajikan dalam festival ini. Termasuk rencana pemecahan Rekor MURI.

Dilansir laman Pesona Indonesia, dari total 16 sajian atraksi budaya yang akan digelar,  di antaranya ada Pawai Budaya Minangkabau, Arakan Jamba, Makan Bajamba, dan Pagaruyung Ekspo. Ada juga pagelaran seni spesifik Minangkabau, Melayu Malaysia, Riau, dan Bengkulu, serta atraksi Pacu Jawi.

Salah satu atraksi yang paling ditunggu yaitu rencana pemecahan Rekor MURI untuk penampilan Talempong Pacik terbanyak. Talempong adalah alat musik pukul tradisional khas Minangkabau. Rencananya, aksi pemecahan Rekor MURI Talempong Pacik ini akan menyertakan generasi milenial.

Gelaran Festival Pesona Minangkabau sebelumnya juga telah memecahkan Rekor MURI dengan Arak-arakan Jamba terbanyak. Melibatkan 1.111 Jamba dari 75 nagari se-Kabupaten Tanah Datar, dan 4.000 gelas kopi kawa daun dipamerkan kala itu.

Selain menyaksikan kemeriahan Festival Pesona Minangkabau, para wisatawan yang datang juga bisa berkunjung ke beberapa destinasi wisata favorit di Tanah Datar, khususnya di daerah bernama Batusangkar.

Konon, daerah Batusangkar menjadi kota budaya di Sumatera Barat. Di sana wisatawan dapat melihat beberapa bangunan bersejarah, seperti Istana Basa Pagaruyung hingga Masjid Tuo Limo. Namun, bagi yang ingin menikmati pemandangan alam, di Batusangkar juga terdapat beberapa pilihan, seperti Danau Singkarak, Puncak Pato, hingga Ngalau Pangian.*** (IG)