Tari Dewa Ruci Pukau Ribuan Penonton Festival Indonesia Di Moskow

oleh -
Tim kesenian Daerah Istimewa Yogyakarta tidak saja menunjukan seni atratktif Tari Dewa Ruci dalam Festival Indonesia di Mosckow,Rusia. tetapi juga menghadirkan suasana Malioboro digerbang pintu masuk pertunjukan. Foto:IG-@liazakiyyah

JALAJAHNUSAE.com – Taman Krasnaya Presnya di jantung Kota Rusia,Moskow bergemuruh. Tepuk tangan dari ribuan penonton tak putus-putusnya. Begitu membahana selama beberapa menit para penari Dewa Ruci menyelesaikan tariannya di Festival Indonesia Sabtu (3/8/2019) waktu setempat.

Untuk kesekian kalinya, ribuan penonton yang hadir selalu dibuat kaget sekaligus kagum saat tim tari Daerah Istimewa Yogyakarta memainkan tarian yang mereka bawakan.

Selain tari “Dewa Ruci”, tim budaya DIY juga membawakan tari “Asmaradhana” dan tari “Sintren”.

Para penonton berasal dari warga Rusia dan warga Indonesia yang datang ke Taman Krasnaya Presnya seluas 16,5 hektare yang didirikan tahun 1932 di jantung kota Moskow.

Taman ini merupakan monumen sejarah dan arsitektur kuno, serta monumen seni lanskap abad XVIII-XIX.

Usai berakhirnya pertunjukan, para penonton berebut mengajak berfoto bersama para penari. Ajakan berfoto terus mengalir bahkan hingga jam tutup festival.

Tari Dewa Ruci yang dibawakan Tim Kesenian Yogyakarta saat tampil di Festival Indonesia di Moskow, Rusia. Festival berlangsung 2-4 Agustus 2019. Foto: dok tim kesenian DIY

Kepala Bidang Perencanaan Dinas Kebudayaan DIY Dwi Pudji Astuti yang mendampingi tim kesenian, menggambarkan suasana malam itu sangat ramai, meriah, dan penontonnya sangat apresiatif.

“Kami senang, tepuk tangannya begitu panjang tiada henti,” kata Dwi.