Provinsi Lampung Launching Lampung Krakatau Festival 2019

oleh -
Pemukulan alat seni tradisional Lampung sebagai tanda launching LKF ke-29. (Foto Kemenpar)

JALAJAH NUSAE – Provinsi Lampung di akhir Agustus akan diramaikan event bertajuk “Lampung Krakatau Festival (LKF) ke-29”. Event budaya LKF ke-29 ini, sudah masuk dalam 100 Calender of Event (CoE) Kemenpar 2019.

Acara launching festival rutin tahunan tersebut digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rabu sore (31/7/2019). Dipimpin oleh Tenaga Ahli Menteri Bidang Manajemen Calendar Of Event (CoE) Esthy Reko Astuty dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim.

Menurut Wagub Lampung Chusnunia Chalim, untuk tahun ini penyelenggaraannya akan dipusatkan di Kota Bandar Lampung pada 23-25 Agustus 2019 mendatang. LKF ke-29 akan dimeriahkan 4 acara unggulan yaitu “Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai” yang ditampilkan saat pembukaan Lampung Krakatau Festival 2019.

Kemudian dilanjutkan dengan “Expo Krakatau Lampung”, berupa bazaar kuliner dan souvenir serta pertunjukan kesenian khas Lampung. Selain itu, ada juga “Trip Krakatau” dengan naik kapal ferry dari dermaga penumpang eksekutif Bakauheni, Lampung. Acara Trip Krakatau ini sekaligus untuk  memperingati peristiwa meletusnya Gunung Krakatau pada 26 Agustus 1883 yang sempat mengguncang dunia.

Para peserta nantinya akan dibawa dalam kegiatan tour yang dimulai dari Kalianda ke Pulau Sebesi (pulau layak huni terdekat dengan Gunung Krakatau). Kemudian melihat Gunung Anak Krakatau dari atas kepal ferry.

Puncak event LKF 2019 akan diakhiri dengan kemeriahan “Karnaval Budaya” yang menampilkan pertunjukan seni dan budaya, pameran fotografi, serta pertunjukan permainan anak-anak tradisional. Di situ akan dimeriahkan pula dengan Karnaval Tapis Lampung yang menampilkan daya tarik kain tradisional Tapis dari berbagai daerah di Lampung.*** (IG)