Sejumlah Produk UMKM Jateng Dipamerkan di Gayeng Expo Singapura

by -
Foto: dok KBRI Singapura

JALAJAHNUSAE.com – Pameran produk-produk UMKM Jawa Tengah yang diberi nama “Gayeng Expo” digelar di Suntec City, Singapura.

Dalam acara pameran yang dibuka langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual dari Semarang, Rabu lalu itu, diikuti sebanyak 28 UMKM.

Sementara acara di Singapura dibuka langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo.

Gayeng Expo didukung penuh oleh Bank Indonesia. Pada masa pandemi, pihak BI telah tia kali menggelar expo UMKM.

Beragam produk dari 28 UMKM Jawa Tengah yakni meliputi makanan, pakaian, aksesoris, dekorasi rumah, perabotan dapur, dan furnitur. Produk tersebut dipamerkan di Singapura selama sekitar satu bulan.

Dalam sambutannya, Dubes Suryo Pratomo menyampaikan bahwa UMKM merupakan sektor utama pergerakan ekonomi nasional.

“Diharapkan kegiatan ini dapat membantu produk UMKM kita untuk masuk ke pasar Singapura dan pasar Internasional,” kata Suryo, dilansir Jalajahnusae.com dari kompas, Jum’at (30/4/2021).

Rosmaya Hadi, Deputi Gubernur BI, mengatakan bahwa dalam proses pemulihan ekonomi saat ini, Indonesia perlu mengambil celah lewat perdagangan UMKM serta produk dalam negeri ke pasar internasional.

Dalam acara tersebut, tamu undangan diajak berkeliling untuk melihat ragam produk UMKM dari Indonesia yang mencerminkan kebudayaannya masing-masing.

Tak hanya itu, mereka juga melihat secara langsung proses pembuatan batik yang bertuliskan tagline Gayeng: Artisan Style of Central Java, Gayeng Expo dibuka sejak 16 April sampai dengan 23 Mei. (JAV)