Kebun Binatang Hanya Mampu Bertahan Kurang Dari Sebulan

oleh -
Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden di Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat ini tutup hingga 29 Mei 2020 mendatang. Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Berdasarkan survei internal dari 60 anggota PKBSI (Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia) di lingkup Kebun Binatang (KB), kemampuan bertahan untuk pemberian pakan 92,11% kurang dari satu bulan.

Rinciannya, KB yang mampu bertahan menyediakan pakan selama jangka waktu 1- 3 bulan sebanyak 5,26 %. Dan KB yang mampu menyediakan pakan lebih dari 3 bulan hanya berkisar 2,63%.

“Artinya, 90% anggota PKBSI hanya bisa bertahan dalam satu bulan. Salah satu prioritas mendesak bagi kelangsungan hidup KB, khususnya kesehatan dan kesejahteran satwa koleksinya adalah penguatan ketahanan pakan,” demikian disampaikan Sulhan Syafi’I, Humas dan promosi PKBSI dalam siaran persnya yang diterima Jalajahnusae.com,Jumat (24/4/2020).

Mengacu ke situasi krisis ini,  hampir seluruh manajemen KB melakukan penyesuaian terhadap manajemen pakan satwa.

Mulai dari substitusi, pengurangan porsi hingga pendekatan manajemen pakan lainnya. Tentu tetap bedasarkan pada etika hewan maupun kesehatan dan kesejahteraan satwa.

“Kemampuan pakan tidak selalu terkait dengan persoalan finansial. Ada jenis-jenis satwa tertentu yang membutuhkan jenis pakan khusus yang hanya bisa diperoleh dari supplier khusus dengan perlakuan tertentu,” ungkap Sulhan yang juga Markom Kebun Binatang Bandung ini.