Taman Selecta, Taman Rekreasi Tertua di Kota Batu

oleh -
Suasana asri di Taman Selecta. (Foto Pesona Indonesia/Dhanang Sukmana)

JALAJAHNUSAE.com – Kini pariwisata Jawa Timur semakin menggeliat, terbukti dengan banyak bermunculan wahana-wahana wisata baru, terutama di wilayah Kota Batu dan Kota Malang. Namun dari sekian banyak wahana baru, di Kota Batu juga terdapat taman rekreasi yang telah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Namanya Taman Selecta.

Taman Selecta merupakan taman tertua yang dibangun pada 1920 oleh arsitektur seorang warga Belanda bernama Ruyter de Wildt pada masa kolonial. Dulunya, Taman Selecta merupakan lokasi peristirahatan strategis dan tempat bersenang-senang bagi warga Belanda yang berkunjung ke Indonesia. Hingga saat ini pun masih menjadi destinasi favorit bagi semua lapisan masyarakat.

Daya tarik Taman Selecta, selain berudara sejuk juga mempunyai pemandangan taman yang indah nan bersih, sehingga membuat para wisatawan betah berlama-lama. Apalagi kompleks taman ini didukung dengan fasilitas yang memadai. Seperti hotel, kolam renang, tempat makan, hingga mushola.

Lokasinya pun mudah dijangkau karena tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang. Terletak di Desa Tulungrejo, Kota Batu, berjarak kurang lebih 25 km dari pusat kota Malang atau  4 km dari pusat Kota Batu.