MTI Pangkalpinang, Museum Timah Pertama di Asia

oleh -
Tugu Lokomotif Terpajang di Halaman Museum Timah Indonesia di Pangkalpinang Bangka. (Foto JalajahNusae/Iwan)

JALAJAH NUSAE – Indonesia boleh berbangga diri karena memiliki Museum Timah Indonesia (MTI), satu-satunya museum timah di Asia. Tempatnya ada di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Museum yang beralamat di Jalan Ahmad Yani No.179, Kota Pangkalpinang ini dibangun tahun 1997 oleh PT. Timah. MTI juga mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Museum Timah Pertama di Asia pada 20 September 2018.

Bangunan yang digunakan sebagai tempat MTI saat ini, dulunya rumah dinas Hoofdt Administrateur Banka Tin Winning (BTW) atau bangunan residen milik Kolonial Belanda. Dan pernah dijadikan tempat pengasingan dua tokoh proklamator Indonesia, Bung Karno dan Bung Hatta. Tahun 1959, gedung tersebut sempat pula dijadikan Museum Wisma Budaya, hingga 2 Agustus 1997 diresmikan sebagai Museum Timah Indonesia atau disebut juga Museum Teknologi Pertimahan.

Menurut Kepala Museum Timah Indonesia, Muhammad Taufik saat ditemui Jalajah Nusae di lokasi, PT Timah hingga saat ini memiliki 2 museum timah, yaitu Museum Timah di Pangkalpinang, Bangka dan Museum Timah di Muntok, Bangka.

“Untuk museum di Pangkalpinang berisi tentang informasi sejarah perkembangan tambang timah di Indonesia dan yang di Muntok berisi tentang proses peleburan timah. Dua-duanya ada di Bangka, karena PT Timah sendiri berpusat di Kota Pangkalpinang, Bangka,” papar M. Taufik.

Taufik juga menjelaskan, Museum Timah Indonesia di Pangkalpinang memiliki nilai sejarah tinggi bagi kemerdekaan Republik Indonesia. Museum ini menyimpan catatan perjalanan panjang sejarah pertimahan di Bangka Belitung khususnya dan dunia pada umumnya.