Menikmati Keindahan Hamparan Luas Savana di Bukit Ledongara

oleh -
Hamparan hijau savana di Bukit Ledongara. (Foto pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur memang diakui memiliki banyak potensi wisata yang unggul. Seperti hamparan luas padang savana yang hijau nan indah. Tempat tersebut juga dikenal sebagai penghasil kuda sandel (sandalwood pony), salah satu jenis kuda terbaik di Indonesia.

Berbekal hamparan padang savana yang luas itulah, Pulau Sumba menjadi tempat ideal untuk pengembangbiakan kuda. Oleh karena itu, ketika menyusuri pulau Sumba, di beberapa tempat akan dijumpai kumpulan kuda yang bebas berlarian di padang savana.

Salah satu padang savana yang banyak dikenal orang yaitu Bukit Wairinding, Sumba Timur. Namun jika Anda adalah penganut anti mainstream, salah satu keindahan padang savana juga bisa ditemukan di Kabupaten Sumba Barat Daya, lokasinya bernama Bukit Ledongara.

Bukit Ledongara tepatnya berada di daerah Loura. Akses menuju ke sana sudah cukup baik. Jalanannya sudah beraspal meskipun wilayah jalan dekat Bukit Ledongara terdapat sedikit kerusakan dan diperlukan kewaspadaan.

Perjalanan ke Bukit Ledongara seperti pada umumnya perjalanan ke sebuah bukit, perlu menempuh jalan berliku dan mendaki. Namun di sana tidak ada medan yang terlalu berat, baik tanjakan ataupun kelokan ekstrim. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Bandara Tambolaka ataupun Kota Tambolaka, hanya perlu waktu kurang dari 30 menit.