Menikmati Sunset di Pulau Tak Berpenghuni

oleh -
Tampak foto siluet wisatawan saat momen sunset ditemani floaties flamingo di pantai Pulau Dolphin. (Foto JalajahNusae/Alinda)

JALAJAHNUSAE.com – Menikmati momen keindahan sunset di sebuah pulau tak berpenghuni dengan suasana tenang dan jauh dari kota, mungkin jarang dilakukan sebagian orang. Seperti halnya menanti tenggelamnya sang surya ini di Pulau Dolphin. Pulau Dolphin merupakan gugusan dari Kepulauan Seribu, tepatnya di kawasan Pulau Kelapa atau Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara.

Pulau tak berpenghuni ini memiliki pantai perawan, berpasir putih dan berair jernih, sungguh mempesona. Di pantai itulah, pengunjung bisa menikmati momen keindahan sunset sambil berenang di tepi pantai atau sekadar duduk-duduk santai di atas hamparan pasir putih. Lebih asyik lagi sambil menaiki floaties flamingo. Jangan lupa untuk mengambil foto bernuansa siluet.

Destinasi tersebut juga tak dilengkapi fasilitas serta tanpa dermaga labuh untuk kapal. Semua fasilitas disediakan langsung oleh alam, keindahan, alami, bersih, juga keanekaragaman pesona bawah lautnya. Meskipun begitu, pulau ini dikenal sebagai salah satu spot camping tepi pantai terbaik di Kepulauan Seribu dengan pasirnya yang putih, dan kontur pantainya yang landai.

Daya tarik lain yang disuguhkan Pulau Dolphin, banyaknya spot snorkeling yang mengelilingi pulau dan pulau-pulau tak berpenghuni lain yang sama cantiknya. Pengunjung bisa menemukan batasan laut dalam di sekitar pulau saat bersnorkeling. Jika beruntung, pengunjung dapat menemukan ikan nemo di terumbu karang yang masih hidup atau bahkan penyu.

Untuk menuju ke destinasi ini, wisatawan bisa memilih dua rute keberangkatan kapal umum dari dermaga Marina Ancol atau dermaga Kaliadem, Muara Angke dengan tujuan ke Pulau Kelapa atau Pulau Harapan. Jarak tempuhnya sekitar 1,5 jam menggunakan kapal cepat (speed boat) dan sekitar 3 jam dengan kapal ferry. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa memilih jasa wisata atau operator wisata Pulau Seribu yang cukup banyak tersedia.

Setelah tiba di Pulau Harapan, wisatawan harus menggunakan perahu kecil atau kapal jelajah untuk sampai di Pulau Dolphin. Dibutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk berlabuh di tepi pantai Pulau Dolphin. Harga sewanya berkisar Rp. 400 ribu hingga Rp. 500 ribu untuk kapasitas di bawah 20 orang.*** (IG)