Museum “The Heritage Building”, Wisata Sejarah di Kompleks Kedubes AS

oleh -
Museum "The Heritage Building". (Foto by PAS-Kedutaan Besar Amerika di Jakarta via indonesia.go.id)

JALAJAHNUSAE.com – Di dalam Kompleks Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta ternyata berdiri kokoh sebuah bangunan heritage bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Kini gedung tersebut sudah dipugar oleh Kedubes AS dan dijadikan museum peninggalan sejarah kemerdekaan Indonesia. Sebuah destinasi baru di Jakarta yang layak dikunjungi.

Dulunya gedung tersebut bernama Gedung Sjahrir, karena oleh Soekarno dijadikan kantor bagi delegasi Indonesia yang dipimpin Sutan Sjahrir (Perdana Menteri Pertama Indonesia periode 1945-1947) untuk  mempersiapkan strategi dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda.

Sekitar delapan bulan, antara Mei – Desember 1949, gedung tua ini dijadikan kantor dan kediaman bagi delegasi Indonesia. Usaha  Sjahrir dan kawan-kawan di KMB berhasil, konferensi memberikan pengakuan kedaulatan Indonesia dari Belanda pada  27 Desember 1949.

Bangunan heritage ini baru saja selesai direvitalisasi dan kini dijadikan Museum “The Heritage Building”. Di dalamnya, sekarang dipajang instalasi pameran bersejarah menghormati peran bangunan ini dalam langkah Indonesia menuju kemerdekaan.

“Ini adalah momen yang unik. Saya mengatakan hal ini karena ketika melihat bangunan ini sekarang, dalam arti tertentu, kita melihat waktu ke belakang dan menyaksikan kembali semangat demokrasi Indonesia yang berkembang,” ungkap Duta Besar AS Joseph R Donovan Jr dalam upacara peresmian pada Rabu, 22 Januari 2020 lalu, yang dikutip dari laman indonesia.go.id.

“Lebih dari 70 tahun yang lalu sekelompok delegasi yang dipilih oleh Presiden Sukarno tinggal dan bekerja di gedung bersejarah ini untuk mempersiapkan Konferensi Meja Bundar yang bersejarah di Den Haag, Belanda. Hasil kerja mereka di konferensi tersebut, bersama dengan upaya ribuan orang Indonesia di seluruh nusantara, membuka jalan bagi kesepakatan yang akan berujung pada pengalihan kedaulatan ke Indonesia pada 27 Desember 1949,” sambung Donovan.