Desa Wisata Cinunuk Garut Miliki Berbagai Potensi Wisata

oleh -
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meresmikan Desa Wisata Cinunuk, Garut, Minggu (26/1/20) kemarin. (Foto Humas Jabar)

JALAJAHNUSAE.com – Desa Cinunuk, Wanaraja, Kabupaten Garut dinilai memiliki berbagai potensi wisata yang bisa menjadi daya tarik, salah satunya wisata religi. Berbekal hal itu, desa inipun dijadikan Desa Wisata. Kawasan Desa Wisata Cinunuk pun diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Minggu (26/1/20) kemarin.

Ke depannya, rencana pengembangan Desa Wisata Cinunuk akan ada penambahan berbagai fasilitas seperti wahana abregan, lesehan, bungalow, taman, museum, wahana bermain anak, hingga flying fox, yang juga bertujuan meningkatkan kemandirian ekonomi warganya.

Menurut Emil –sapaan akrab Gubernur Jabar, selain Desa Cinunuk, Kabupaten Garut mempunyai potensi wisata yang lengkap, mulai dari wisata gunung, laut, air, hingga kuliner. “Jadi, semua desa di Garut ini sebenarnya bisa dijadikan desa wisata,” tutur Emil disitat dari situs Humas Jabar.

Emil juga mengungkapkan ada dua kriteria desa untuk bisa dijadikan Desa Wisata. “Kita bagi dua desa wisata itu, bisa karena keindahan alamnya, bisa juga karena keindahan kegiatannya. Kalau ada dua-duanya baru luar biasa,” ungkapnya.

Jika keunikan alam atau kegiatan sudah ada pada sebuah desa, maka langkah selanjutnya adalah pemberdayaan masyarakat untuk ikut terlibat dalam pengembangan potensi wisata yang ada. Termasuk mengajak masyarakat untuk turut menyediakan sarana dan prasarana seperti tempat penginapan atau homestay.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan mendorong pengembangan homestay di lokasi atau desa wisata yang ada di Jabar.

“Maka wisatawan kita tawarkan pilihan apakah mau menginap di hotel atau rumah penduduk. (homestay) bisa disewakan, misalnya 200 ribu per malam dikalikan 20 malam per bulan,” lanjut Emil.