Kampung Sumber Alam Garut Memiliki Keunggulan Karena Filosofi Kesundaan

oleh -
Kampung Sumber Alam yang berada di Jalan Raya Cipanas 122 Pananjung Tarogong Kaler, Pananjung, Cipanas, Kabupaten Garut ini menadi destinasi favorit karena keasrian alamnya. Foto-foto: dok kampung sumber alam

JALAJAHNUSAE.com – Sekitar 47 tahun yang lalu kawasan objek wisata ini barulah berupa kolam-kolam besar dengan air yang jernih. Rumput hijau tumbuh asri di sekelilingnya. Suasana pegunungan yang nyaman,segar dan asri menjadikan lokasi tersebut cukup nyaman untuk beristirahat.

Kini dengan perjalanan waktu, area seluas 3 hektar lebih tersebut telah berubah menjadi objek wisata unggulan dan menjadi salah satu ikon Kabupaten Garut,Jawa Barat.

Tempat itu adalah Kampung Sumber Alam yang berada di Jalan Raya Cipanas 122 Pananjung Tarogong Kaler, Pananjung, Cipanas.

“Dulu, orangtua saya punya Balong (kolam ikan) pada tahun 1972. Kebetulan kakak saya ambil master agronomi di Jepang dan ibu saya berkesempatan dibawa jalan-jalan ke sana. Tiba, di satu kuil yang berada di atas kolam, ibu saya sangat tertarik. Rupanya ibu terinspirasi dan bilang, suasana seperti ini bisa dibuat di Garut,” kata Direktur Kampung Sumber Alam Rahmat Syukur Maskawan membuka perbicangan dengan Jalajahnusae.com, Selasa petang (26/11/2019).

Menurut Ukun—begitu akrab disapa, Kampung Sumber Alam adalah warisan budaya daerah yang tetap mempertahakan kearifan lokal. Tidak saja dalam hal lingkungan,tetapi juga sosial masyaraktnya.

“Dari hanya 8 orang pertama kali kita berdiri, sekarang sudah ada 80 orang yang terus mendedikasikan dirinya untuk mengembangkan dan menjaga Kampung Sumber Alam ini,” kata Ukun.